Find Us On Social Media :

Meski Canggih, Samsung Galaxy Note 10 Tak Bisa Gunakan Gear VR

By Rizal, Senin, 12 Agustus 2019 | 13:00 WIB

Meski Canggih, Samsung Galaxy Note 10 Tak Bisa Gunakan Gear VR

Duo ponsel Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10+ diperkenalkan dengan sejumlah fitur mentereng, mulai dari fitur 3D Scanner dan efek bokeh video pada fitur kameranya, hingga pena digital penunjang ponsel S-Pen yang kini diperbarui.

Namun, ada satu fitur yang tidak dilirik oleh Samsung untuk disematkan dalam perangkat Galaxy Note terbaru ini. Fitur tersebut adalah dukungan perangkat headset Virtual Reality (VR) besutan Samsung, Gear VR.

Samsung mengonfirmasi bahwa headset Gear VR ternyata tidak kompatibel dengan ponsel Galaxy Note terbaru.

"Gear VR tidak kompatibel dengan Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus," kata Samsung sebagaimana dikutip Engadget.

Belum diketahui secara pasti mengapa pabrikan asal Korea Selatan itu memutuskan untuk melenyapkan dukungan headset VR bikinannya sendiri itu.

Namun, langkah Samsung ini bisa mengancam masa depan headset Gear VR.

Belum lagi headset VR standalone yang sudah dibekali dengan layar, seperti perangkat Oculus besutan Facebook, sedang naik daun dan perlahan menggeser pamor headset VR yang menggunakan ponsel seperti Gear VR atau Google Cardboard.

Baca Juga: Ada Celah Berbahaya, 34 Ponsel Snapdragon ini Harus Update Keamanan

Kendati begitu, Samsung mengatakan bahwa pihaknya bakal terus melirik bidang VR dan AR di kemudian agar konsumennya bisa merasakan pengalaman dunia virtual.

"Kami tetap berkomitmen agar terus berinovasi dalam ranah VR dan AR untuk memberikan pengalaman baru kepada konsumen kami," ucap pihak Samsung.

Belum bisa dipastikan apakah dukungan Gear VR akan disetop secara permanen pada ponsel-ponsel flagship Samsung ke depannya atau tidak.

Ponsel flagship Samsung terakhir yang mendukung headset Gear VR adalah jajaran seri Galaxy S10.