Find Us On Social Media :

Enam Keuntungan Pakai eSIM dibandingkan Kartu SIM yang Biasa

By Adam Rizal, Minggu, 18 Agustus 2019 | 16:00 WIB

Alasan Pemerintah Belum Prioritaskan Kartu eSIM di Indonesia

Operator 4G Smartfren resmi mengenalkan pemakaian eSIM di Indonesia.

Tak seperti kartu SIM biasa yang ada fisiknya, eSIM ini hanya berupa kode digital yang disuntikkan ke dalam smartphone. Itulah yang membuatnya disebut dengan  eSIM (embedded SIM).

eSIM sendiri sudah mulai diterapkan di beberapa negara dan juga sudah didukung oleh vendor smartphone seperti iPhone XS, Google Pixel 3, Google Pixel 3 XL, Google Pixel 2 XL, Google Pixel 2, Samsung Galaxy Watch, dan beberapa tipe lainnya.

Sebenarnya, apa sih keuntungan menggunakan eSIM ini di smartphone seperti dikutip WhatPhone Australia?

1. Dual SIM

Sistem Dual SIM adalah fitur telepon yang penting di banyak bagian dunia, dan saat ini belum semua smartphone mendukung Dual SIM karena berbagai alasan.

Salah satunya karena keterbatasan tempat dan sudah begitu banyak komponen dan fitur yang harus dimasukkan ke dalam bodi ponsel sedangkan ukurannya tetap harus tipis.

Nantinya semua smartphone akan memiliki kemampuan Dual SIM saat eSIM diperkenalkan. 2. Lebih kecil dan lebih ringan Ukuran selalu menjadi masalah di smartphone premium, maka adanya eSIM akan membantu menghemat ruang di perangkat keras hape baru.

Perbandingan ukuran eSIM dengan SIM Card umumnya

3. Tahan air

Tren industri smartphone adalah adanya kemampuan waterproof atau tahan air agar bisa dipakai di segala kondisi.

Penggunaan eSIM tidak memerlukan celah di sasis telepon yang akan membuatnya lebih mudah untuk menjaga bodi yang eksterior kedap air.