Find Us On Social Media :

Lenovo Hadirkan Legion dan IdeaPad Baru untuk Gaming di Indonesia

By Cakrawala, Selasa, 10 September 2019 | 20:46 WIB

Budi Janto (Country General Manager, Lenovo Indonesia; kiri) berfoto bersama petinggi Lenovo Indonesia lain ketika peluncuran beberapa notebook untuk gaming terbaru Lenovo di Indonesia pada Senin lalu.

Menurut riset yang dilakukan Lenovo, terdapat beberapa segmen dari gamer atau pemain gim, misalnya hardcore, avid, dan casual. Hardcore dan avid gamer sama-sama bermain gim sejak lama, tetapi hardcore gamer lebih fokus ke multiplayer, sedangkan avid gamer ke single player. Sementara, casual gamer bermain gim sudah lebih lama dan fokus ke single player, tetapi melakukannya pada waktu luang saja. Masing-masing segmen itu tentu memiliki keinginan yang tidak sama akan notebook untuk gaming.

Nah, untuk memenuhi berbagai keinginan tersebut, Lenovo kemarin mengumumkan secara resmi kehadiran empat produk notebook terbarunya di Indonesia yang ditujukan untuk bermain gim. Kempatnya adalah Lenovo Legion Y740, Lenovo Legion Y540, Lenovo Legion Y7000 SE, dan Lenovo IdeaPad L340 Gaming. Namun, Lenovo Legion Y540 dan Lenovo Legion Y7000 SE adalah mirip dengan perbedaan pada backlight kibor dan tampilan bodi.

"Melihat dari segi banyaknya segmentasi gaming tersebut, dan juga jenis-jenis gamer, Lenovo ingin menyediakan, menyediakan berbagai jenis perangkat atau hardware yang cocok. Karena yang cocok untuk casual gamer belum tentu cocok untuk avid gamer, yang cocok untuk avid belum tentu untuk hardcore gamer. Jadi, Lenovo, dalam hal ini, menyediakan semuanya," sebut Budi Janto (Country General Manager, Lenovo Indonesia).

Dibandingkan Lenovo Legion Y740 yang diumumkan akhir bulan Maret lalui, Lenovo Legion Y740 baru telah menggunakan prosesor Intel generasi terkini.

Bila Lenovo Legion Y740 terdengar tidak asing di telinga, Anda tidak salah. Pada akhir Maret 2019 lalu, Lenovo memang mengumumkan kehadiran Legion Y740 di Indoneisia seperti tercantum di sini. Namun, Lenovo Legion Y740 yang diumumkan kali ini adalah yang lebih baru dan memiliki beberapa pembaruan. Tiga di antaranya adalah pengunaan prosesor Intel Core Generasi ke-9, media simpan yang menjadi SSD saja, dan disertakannya Microsoft Office Home & Student 2019. Yang terakhir ini berlaku juga untuk Lenovo Legion Y540 dan Lenovo Legion Y7000 SE.

Lenovo Legion Y740 baru telah menggunakan prosesor Intel Core i7-9750H dan media simpan berupa SSD 1 TB dengan antarmuka PCI-Express dan NVMe. Sebelumnya, Lenovo Legion Y740 yang lama menggunakan prosesor Intel Core i7-8750H dan media simpan berupa SSD 256 GB dan HDD 1 TB. Intel Core i7-9750H menawarkan frekuensi kerja yang lebih tinggi dan cache L3 yang lebih besar dari Intel Core i7-8750H. Keduanya sama-sama memiliki enam core dan mendukung Hyper-Threading. Lenovo Legion Y740 sendiri menawarkan dua pilihan layar berukuran 15,6 inci, yakni yang memiliki tingkat kecerahan 300 cd/m2 dan yang 500 cd/m2. Keduanya mendukung resolusi Full HD dan refresh rate 144 Hz serta opsi NVIDIA G-SYNC.