Find Us On Social Media :

Dua Tips ini Atasi Video YouTube yang "Lemot" di Ponsel Anda

By Adam Rizal, Rabu, 11 September 2019 | 15:00 WIB

Perhatikan! YouTube Gunakan 2 Cara ini untuk Uji Kualitas Konten Video

"Kok ' buffering', sih?" Mungkin inilah hal yang pertama dikeluhkan ketika proses streaming video mandek, di sejumlah layanan yang menawarkan suguhan video, termasuk YouTube.

Di samping koneksi internet yang harus stabil, ternyata ada beberapa hal yang berpotensi menghadang proses untuk memuat video di aplikasi YouTube.

Beberapa di antaranya adalah daftar riwayat tontonan (watch history) yang sudah menumpuk, hingga kualitas video yang tidak sesuai dengan kecepatan internet pengguna.

Berikut beberapa tips untuk membuat aplikasi YouTube tidak lambat seperti dikutip GadgetsNow:

1. Membersihkan " cache" 

Riwayat tontonan (cache) atau space khusus di dalam memori, berfungsi untuk menyimpan konten di dalam memori untuk sementara waktu.

Konten yang disimpan ini kemudian bisa dipakai kembali tanpa harus memuat konten yang sama.

YouTube sendiri menyimpan riwayat tontonan video dan riwayat pencarian video di dalam cache tadi.

Nah, cache atau ruang di memori ini, meski tidak ada batas ukurannya, bisa menumpuk dan bisa menurunkan performa YouTube.

Alangkah baiknya cache di YouTube ini dibersihkan secara berkala. Untuk membersihkannya, pengguna bisa meng-klik avatar mereka sendiri (yang terletak di pojok kanan atas) pada halaman awal aplikasi YouTube.

Setelah itu, pilih menu "Settings" dan pilih "History & privacy". Kemudian, klik menu "Clear watch history" dan konfirmasi dengan mengklik tombol "Clear watch history".

Jangan lupa juga untuk menghapus riwayat pencarian video yang tersimpan di dalam cache dengan meng-klik menu "Clear search history".