Find Us On Social Media :

Mau Sukses Seperti Alibaba? Enam Kunci Sukses Ini Wajib Dipraktekkan

By Indah PM, Rabu, 18 September 2019 | 13:30 WIB

Ilustrasi Alibaba

Selain membeberkan tiga pelajaran dari perjalanan dua dekade Alibaba Group, perusahaan yang dirintis Jack Ma ini juga menandai era barunya dengan memperbarui nilai-nilai perusahaannya, sejalan dengan evolusi bisnis dan perubahan di dunia.

Berikut adalah enam nilai perusahaan yang menjadi dasar dari etos kerja serta fondasi bagi masa depan Alibaba:

1)    Customers First, Employees Second, Shareholders Third. Konsumen adalah prioritas yang pertama, karyawan kedua, dan para pemegang saham yang ketiga.

Memahami dan menjawab kebutuhan dan masalah para konsumen menjadi tanggung jawab terbesar Alibaba. Hanya dengan menciptakan nilai-nilai yang berkelanjutan bagi konsumen, perusahaan dapat menciptakan manfaat jangka panjang bagi karyawan dan pemangku kepentingan Alibaba. 

Chief Financial Officer Maggie Zhou menjelaskan, “pada tahun-tahun sulit perekonomian, sekitar tahun 2007-2008, banyak UMKM ekspor yang terkena dampak secara signifikan. Setelah diskusi yang panjang, akhirnya kami memutuskan untuk memotong biaya produk kami sebesar 60% untuk mencoba membantu para eksportir ini. Pada waktu itu, para investor terkejut atas keputusan kami, namun keputusan ini adalah cerminan yang tepat atas nilai “customer first”. Produk tersebut berkontribusi sebanyak 60-70% dari total pendapatan kami. Dasar pemikirannya disini sangat sederhana, yakni kami perlu membantu. Tanpa UMKM ini, kami akan kehilangan bisnis kami, oleh karena itu, konsumen harus menjadi prioritas utama.”

2)    Trust makes everything simple. Kepercayaan akan memudahkan segala hal.

Kepercayaan adalah hal yang berharga, perlu dipupuk dan dijaga. Aliren diharapkan (sebutan untuk karyawan Alibaba) untuk berterus terang, membela nilai-nilai yang benar dan mengandalkan satu sama lain melalui kepercayaan.  

3)    Change is the only constant. Perubahan merupakan satu-satunya yang tak pernah berubah.

Dunia terus berubah, bahkan ketika kita tidak berubah. Menerima perubahan, baik dalam mengubah diri sendiri atau mendorong perubahan dalam perusahaan, adalah hal yang unik dalam DNA Alibaba dan harus dijunjung tinggi perusahaan serta karyawan. 

4)    Today’s best performance is tomorrow’s baseline. Kinerja terbaik hari ini menjadi acuan esok hari.

Pendekatan terus maju dan lebih baik ini telah membantu Alibaba bertahan dalam momen-momen paling menantang dan berkembang ketika perusahaan telah berada di depan. Semangat Alibaba berarti, terus-menerus menantang dan memotivasi diri sendiri serta berusaha untuk melampaui parameter normal.

5)    If not now, when? If not me, who?. Kalau bukan sekarang, kapan? Kalau bukan aku, siapa?

Kalimat ini adalah slogan pada iklan lowongan pekerjaan Alibaba yang pertama. Hingga saat ini, nilai inilah yang diinginkan ada di karyawan Alibaba ketika melihat dirinya dalam perspektif bisnis. Slogan ini memberikan mereka tujuan dan dorongan untuk terus maju.