Find Us On Social Media :

Alibaba Cloud: Setiap Perusahaan Bisa Memanfaatkan Teknologi AI

By Wisnu Nugroho, Jumat, 27 September 2019 | 07:44 WIB

Saat ini banyak toko di China sudah mengadopsi sistem pembayaran menggunakan teknologi pengenalan wajah. Pembeli cukup berdiri di mesin kasir seperti ini, dan transaksi pun berhasil dilakukan

China bisa dibilang negara terdepan dalam mengadopsi transaksi digital. Saat ini, hampir semua toko di China menerima pembayaran digital. Selain itu, prosesnya juga kian canggih. Selain berbasis QR Code, banyak toko di China kini mengadopsi pembayaran berbasis teknologi face recognition

Dengan teknologi pengenalan wajah ini, pembeli tinggal berdiri di depan mesin kasir yang dilengkapi kamera saat membayar. Setelah sistem mengenali wajah pembeli, pembeli pun bisa langsung meninggalkan toko. 

Kedengarannya simpel, namun teknologi di balik pembayaran menggunakan wajah ini sebenarnya sangat rumit. Seperti diungkap Xiansheng Hua (Head of Artificial Intelligence Center Alibaba Group) di acara Apsara Conference 2019, sistem face recognition harus bisa mengenali wajah pembeli di berbagai kondisi. 

Untuk itu, dibutuhkan teknologi image segmentation yang “memecah” objek foto wajah menjadi beberapa bagian untuk kemudian dicocokkan dengan data di database. Sistem juga harus memiliki kemampuan analisa 3D yang presisi untuk menghindari kesalahan identifikasi. 

Alibaba sendiri mengklaim konsumen mempercayai teknologi pengenalan wajah mereka. Xiangsheng Hua menyebut, rata-rata pengguna menggunakan 20 kali teknologi pengenalan wajah Alibaba (termasuk non pembayaran) dalam satu hari. 

Kerennya, seperti yang InfoKomputer saksikan sendiri, kecepatan sistem pengenalan wajah ini terbilang sangat impresif. Pengenalan wajah bisa dilakukan dalam tempo singkat, sekitar 1-2 detik, meski dalam kondisi minim cahaya.

Implementasi di Industri

Cerita di atas bisa sedikit menggambarkan keunggulan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dimiliki Alibaba Cloud Intelligence saat ini. Jenis AI yang dikembangkan Alibaba pun bukan cuma soal face recognition. Alibaba Cloud memiliki beragam jenis AI, mulai dari chatbot, image search, sampai autonomous car.

Selain untuk kepentingan internal, teknologi AI milik Alibaba juga bisa dimanfaatkan pelaku usaha di berbagai industri. Salah satu contohnya bandara Hangzhou Xiaoshan yang menggunakan solusi Alibaba Cloud AT Aviation Brain untuk memeriksa memeriksa calon penumpang. 

Biasanya, petugas imigrasi harus membandingkan foto di paspor dan wajah penumpang secara manual untuk melakukan konfirmasi keabsahan penumpang. Namun kini, proses pengecekan tersebut dilakukan menggunakan teknologi face recognition dari Alibaba Cloud. 

Berkat solusi ini, efektivitas kerja pun meningkat. Proses pengenalan wajah hanya memakan waktu tiga detik, tingkat kesalahan pun jauh menurun.

AI untuk Semua