Find Us On Social Media :

Rayakan Dua Tahun, Ini Sembilan Fakta Mengenai TikTok di Indonesia

By Indah PM, Sabtu, 5 Oktober 2019 | 13:30 WIB

TikTok menjadi salah satu aplikasi terpopuler di Indonesia

Baru-baru ini, aplikasi mobile video berdurasi singkat TikTok merayakan dua tahun keberadaannya di Indonesia.

Namun, apakah Anda tahu, ada beberapa fakta mengenai salah satu aplikasi terpopuler di Indonesia ini.

1. #NowTrending: Aplikasi Nomor 1 di App Store.

Dalam beberapa minggu terakhir, TikTok menjadi aplikasi hiburan nomor 1 di App Store di Indonesia. Di tahun 2018, TikTok menerima penghargaan dari Google Play sebagai "Aplikasi Paling Menghibur" dan "Aplikasi Terbaik".

2. Tempat untuk video singkat yang penuh arti.

Pengguna TikTok dapat menangkap momen apapun dengan menciptakan video kreatif yang berdurasi antara 15 detik sampai 1 menit, langsung dari smartphone.

3. Habiskan setengah jam dalam sehari di TikTok.

Saat menggunakan TikTok, pengguna di Indonesia menghabiskan rata-rata 29 menit untuk menonton, menciptakan, menemukan, serta berbagi video di platform tersebut.

4. Pengguna di Indonesia menyukai video makanan, fashion, dan komedi di TikTok.

Sebagian besar pengguna di Indonesia menyukai konten makanan, fashion, dan komedi dalam dua tahun terakhir ini.

5. Video terpopuler di TikTok Indonesia.

Video makanan tentang cara membuat Risoles dari Yackikuka menjadi terkenal dengan lebih dari 750.000 likes. Sementara video yang dibuat oleh seorang penata makeup bernama Anna Queen meraih lebih dari 900.000 likes.

6. #TikTokTune: Di sana Menanti Di sini Menunggu.

Dalam dua tahun terakhir, lagu yang paling populer sebagai lagu latar video di Indonesia adalah “Di sana Menanti Di sini Menunggu” dari Via Vallen, diikuti oleh “Lagi Syantik” dari Siti Badriah, dan “Girls Like You” dari Maroon 5.

7. Tantangan Tagar terpopuler di Indonesia.

Orang Indonesia tidak hanya suka mengikuti tantangan, tapi juga gemar menonton video tantangan tersebut. Tantangan #EkspresiMerdeka, bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, mendapatkan 64,9 juta view, sementara #ColorfulMedan yang berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kota Medan meraih 24,3 juta view.

8. Orang Indonesia menyukai filter TikTok.

Filter yang paling banyak digunakan pengguna di Indonesia adalah "flower ring" yang menjadikan wajah pengguna lebih cantik, dan bisa menambahkan hiasan bunga di kepalanya.

9. Jejak Penting TikTok di Indonesia

TikTok sering berkolaborasi dengan pemerintah dan pihak lokal lainnya melalui kegiatan online dan offline. Kegiatan paling terkenal yang diselenggarakan oleh TikTok Indonesia adalah TikTok Gala di Jakarta pada tahun 2018, Acara ini merayakan kegiatan tahunan TikTok global, One Million Audition, bersama dengan negara lain seperti Amerika Serikat, Inggris, Tiongkok, Vietnam, Thailand, dan lainnya.

Selain itu, kegiatan sosial pertama di TikTok adalah kampanye "Tik Tok Peduli" yang mengundang pengguna untuk berbagi kasih sayang dengan penyandang autisme di Indonesia.

Untuk 100 video yang diunggah dengan menggunakan tagar #TikTokPeduli, TikTok mendonasikan 100 juta rupiah kepada Rumah Autis, sebuah lembaga sosial masyarakat yang menangani anak-anak autis dan anak berkebutuhan khusus lainnya dari keluarga tidak mampu.

Tahun ini, TikTok ditunjuk menjadi mitra resmi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk membantu mempromosikan tujuan wisata di seluruh Indonesia.

Di bulan Agustus lalu, TikTok juga bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mempromosikan kampanye berjudul #EkspresiMerdeka yang menyorot rasa cinta warga Indonesia kepada negaranya.