Gojek mengungkapkan bahwa layanan pesan-antar makanan miliknya yakni GoFood mengalami pertumbuhan merchant yang terus meningkat dalam setahun terakhir dengan angka yang mencapai 2,43 kali lipat.
Di sela-sela acara Jakarta Culinary Feastival (JCF) 2019, Rosel Lavina selaku VP Corporate Affairs Food Ecosystem, Gojek, mengatakan, “Teknologi GoFood sukses mempertemukan konsumen dengan ribuan restoran dan pengusaha kuliner UMKM. Saat ini sudah ada 400.000 merchant yang bergabung di GoFood.”
Rosel juga mengungkapkan bahwa pertumbuhan pemesanan di GoFood mengalami peningkatan hingga 133% atau 2,63 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.
“Kalau berdasarkan data kami, transaksi terbanyak itu terjadi pada waktu malam hari, disusul oleh waktu makan siang, dan cemilan tengah malam hingga dini hari. Sedangkan untuk harinya,konsumen paling banyak melakukan transaksi di hari Sabtu. Berbeda dengan tahun 2018, di mana transaksi tertinggi terjadi di hari Sabtu dan Minggu,” ujar Rosel.
Berbicara mengenai pertumbuhan pengguna GoFood, hasil riset Nielsen Singapura berjudul “Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market” mengungkapkan 84% konsumen yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan menganggap GoFood menawarkan layanan lebih baik dibandingkan rata-rata industri sejenisnya (39%).
Alasannya beragam, mulai dari pilihan menu beragam (87%); pilihan merchant beragam (83%); aplikasi mudah digunakan (83%); menilai mitra driver Gojek ramah, sopan, dan informatif (82%); hingga layanan pesan-antar makanan tercepat (79%).
Baca Juga: Sutradara Hollywood ini Bikin Film Paris 9/19 dengan iPhone 11 Pro
Tren Kuliner di 2019
Lebih lanjut, Rosel juga menjelaskan mengenai tren makanan yang paling banyak dipesan lewat aplikasi GoFood dari Januari hingga Agustus 2019.
Makanan dengan bahan dasar ayam dan varian burger dengan bumbu lokal merupakan favorit konsumen GoFood.
“Makanan favorit berbahan dasar ayam seperti Topokki Chicken, Black Pepper Chicken, dan Gochujang Chicken. Sedangkan untuk varian burger dengan bumbu lokal itu yang paling banyak dipesan seperti Burger Rendang dan Burger Sambel Ijo,” jelas Rosel.
Selanjutnya, untuk pilihan minuman favorit konsumen seperti brown sugar, minuman gandum, regal drinks, dan boba.
Pertumbuhan transaksi ini sendiri paling banyak dikontribusikan oleh konsumen di 5 wilayah dengan jumlah transaksi tertinggi, diantaranya Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar.
Tidak hanya memaparkan tren kuliner di tahun ini saja, GoFood juga mengungkapkan beberapa kuliner yang sekiranya akan menjadi tren di tahun 2020.
“Makanan dan minuman yang kami perkirakan akan tetap menjadi tren di 2020 di antaranya ayam geprek, aneka salad, donut kentang, aneka kentang, dan minuman boba,” ucap Rosel.
Baca Juga: Begini Cara Blokir Komentar Menghina di Instagram