Find Us On Social Media :

Ubiklan Kenalkan Media Iklan Barunya yang Berkonsep Human Billboard

By Rafki Fachrizal, Kamis, 10 Oktober 2019 | 18:00 WIB

UbiMan, media iklan terbaru yang diperkenalkan oleh startup Ubiklan

Baru-baru ini, startup Ubiklan memperkenalkan media iklan terbaru mereka yang disebut dengan “UbiMan”.

UbiMan sendiri hadir dengan mengusung konsep human billboard atau papan iklan yang dijalankan oleh manusia.

Konsep human billboard sendiri memang bukan hal yang asing. Baik di dalam maupun di luar Indonesia, konsep ini sudah menjadi salah satu strategi pemasaran yang kerap digunakan sejak lama.

“Sayangnya, human billboard yang sudah berjalan selama ini hanyalah berupa papan iklan biasa yang tidak bisa dipantau. Karena itulah, UbiMan hadir dengan solusi human billboard yang berbasis teknologi,” kata Glorio Yulianto selaku CEO & Founder, Ubiklan.

Mengenai teknologinya, setiap human billboard (Mitra UbiMan) akan terhubung dengan teknologi GPS.

Sehingga, setiap pengiklan dapat melacak rute apa saja yang sudah dilewati oleh mitra ketika membawa papan iklannya.

Pengiklan juga bisa melakukan verifikasi sendiri apakah rute yang dilewati memang sesuai dengan yang diinginkan.

“Bukan hanya itu, teknologi Ubiklan juga akan mengumpulkan data impresi selama perjalanan untuk kebutuhan evaluasi pengiklan pada akhir kampanye. Seluruh informasi ini dapat diakses oleh pengiklan secara online melalui dashboard Ubiklan,” ujar Glorio.

 Baca Juga: 52% Industri Keuangan di Asia Pasifik Telah Mengimplementasikan AI

Kebebasan untuk Tentukan Area Iklan

Lebih lanjut, UbiMan juga mempunyai nilai tambah lebih karena sifatnya yang sangat targeted dan fleksibel dalam menjalankan iklan.

Pengiklan punya kebebasan untuk menentukan area apa saja yang harus dilewati oleh mitra.

“Selain itu, cakupan area yang dapat dijangkau oleh UbiMan juga lebih luas, mulai dari area gedung perkantoran sampai komplek perumahan. Mulai dari jalan-jalan besar hingga gang-gang kecil,” jelas Glorio.

Saat ini, UbiMan baru beroperasi di Jabodetabek. Namun, pendaftaran untuk menjadi mitra UbiMan kini juga sudah mulai dibuka di beberapa kota lain di Indonesia.

Beberapa kota tersebut seperti Medan, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Palembang, Padang, Makassar, dan lainnya.

Pendaftaran menjadi mitra sendiri dapat dilakukan di aplikasi Ubiklan yang dapat diunduh di Google Play Store.

“Kami berharap dengan adanya UbiMan, dapat membantu menciptakan lapangan kerja karena siapapun bisa mendaftar menjadi mitra. Mulai dari orang yang sedang dalam proses mencari pekerjaan, sampai ke mahasiswa ataupun pekerja lepas. Tentunya, badan juga jadi lebih sehat karena sekalian olahraga,” pungkas Glorio.

Sekadar informasi, Ubiklan merupakan startup yang fokus bergerak di bidang periklanan luar ruang (out-of-home advertising) berbasis teknologi yang berdiri sejak 2016.

Sebelum menghadirkan UbiMan, startup ini menyediakan pemasangan iklan untuk di kendaraan yaitu mobil dan motor.

Beberapa perusahaan yang telah menggunakan jasa iklan dari startup ini di antaranya Tokopedia, Cermati, Akulaku, Carmudi.co.id, Pegipegi, Ciputra, dan lainnya.

Baca Juga: Bukalapak Bermimpi IPO di Bursa Saham Luar Negeri