Find Us On Social Media :

Lima Aplikasi di Smartphone Ini akan Segera Luncurkan Fitur Dark Mode

By Adam Rizal, Senin, 14 Oktober 2019 | 16:30 WIB

Begini Cara Gunakan Fitur

Sejumlah aplikasi akan merilis aplikasi mereka yang sudah dilengkapi dengan mode gelap. Beberapa aplikasi yang akan mengikuti jejak tren ini diantaranya adalah WhatsApp dan Facebook.

Padahal sebelumnya, mode gelap pada smartphone sudah lebih dulu dibawa oleh Microsoft lewat perangkat Windows Phone yang kini telah berhenti diproduksi.

Facebook

Walau Messenger dan Instagram telah mendukung mode gelap, Facebok sebagai induk justru belum juga mendukung mode ini. Dilansir dari 9to5Mac, Facebook masih dalam tahap uji coba mode gelap.

WhatsApp

Begitu pula dengan WhatsApp. Menurut WABetaInfo, saat ini WhatsApp tengah mengembangkan fitur tema yang menghadirkan tiga pilihan mode.

Selain mode gelap dan terang seperti biasanya, WhatsApp juga dikabarkan memberikan opsi 'System default' yakni menyesuaikan dengan mode ponsel. Hingga saat ini, belum diketahui kapan mode tersebut akan segera dirilis.

Instagram

Instagram kini tengah menguji coba sebuah fitur untuk menghemat baterai perangkat. Fitur tersebut tak lain adalah mode gelap alias dark mode yang dapat meminimalisasi penggunaan cahaya yang bisa menguras baterai ponsel.

Fitur tersebut ditemukan oleh sejumlah pengguna yang menggunakan Instagram versi beta. Mereka melaporkan bahwa aplikasi Instagram yang mereka buka, secara otomatis beralih menjadi gelap ketika tema gelap pada Android diaktifkan.

Mode gelap tersebut mengubah warna dominan menjadi hitam. Warna tersebut dapat mengurangi ketegangan pada mata dan membuat baterai perangkat tidak berkurang dengan cepat. Sebab, bagi ponsel dengan layar OLED, warna gelap tersebut dihasilkan dari piksel hitam yang tidak mengeluarkan cahaya.

Baca Juga: Apa saja Update PUBG Mobile? Ada Kendaraan Amfibi Terbaru