Find Us On Social Media :

Mengapa Perusahaan Perlu Memiliki IoT Connectivity Management

By Administrator, Rabu, 16 Oktober 2019 | 18:56 WIB

Implementasi IoT membutuhkan sistem yang memudahkan operasional, seperti IoT Connect dari Indosat Ooredoo Business

Saat ini istilah IoT Connectivity Management mungkin masih agak asing di telinga kita. Namun ketika jumlah perangkat IoT mencapai 20,4 miliar di tahun 2020 nanti, banyak perusahaan akan membutuhkan IoT Connectivity Management.

Apa sebenarnya IoT Connectivity Management ini?

Secara prinsip, IoT Connectivity Management adalah layanan yang memonitor jaringan pada perangkat IoT Anda secara 24/7. Proses monitoring atau pengawasan ini dilakukan untuk memastikan perangkat IoT Anda selalu terkoneksi, aman, dan efisien dalam operasionalnya. 

Ada banyak alasan mengapa IoT Connectivity Management ini penting bagi perusahaan. Yang utama adalah karena implementasi IoT melibatkan perangkat IoT dengan jumlah yang banyak. Selain itu, implementasi IoT biasanya dilakukan di banyak titik dengan area yang luas.

Dengan kondisi seperti itu, akan sulit dan mahal jika proses monitoring & controlling perangkat IoT dilakukan secara manual. Di sinilah peran IoT Connectivity Management menjadi penting. Dengan solusi ini, perusahaan bisa mengelola seluruh perangkat IoT-nya dari satu pintu, yang tentu saja meningkatkan efisiensi maupun efektivitas.

Fungsi IoT Connectivity Management

Solusi IoT Connect memungkinkan perusahaan mengelola perangkat IoT-nya secara efektif dan efisien

Saat ini, banyak pihak menawarkan solusi IoT Connectivity Management. Salah satu yang menonjol adalah Indosat Ooredoo Business melalui solusi IoT Connect. Secara prinsip, inilah kemampuan IoT Connect yang membantu perusahaan mengelola konektivitas perangkat IoT-nya dengan efektif dan efisien.

1. Lifecycle Automation

Solusi IoT Connect memiliki kemampuan mengelola perangkat IoT secara menyeluruh. Hal ini membuat pengelolaan perangkat IoT tidak membutuhkan tenaga kerja yang besar, yang berujung pada peningkatan efisiensi operasional perusahaan. 

2. Analytics and Diagnostic

Solusi IoT Connect mampu mengirimkan informasi operasional perangkat IoT secara cepat dan efisien. Sistem ini juga dapat menginformasikan konsumsi perangkat IoT (seperti data, SMS, voice, dll) sehingga perusahaan memiliki visibilitas yang tinggi atas kinerja perangkat IoT.