Find Us On Social Media :

Ekspansi ke Indonesia, GrabJobs Tawarkan Fitur Otomatisasi Perekrutan Karyawan

By Rafki Fachrizal, Senin, 28 Oktober 2019 | 17:30 WIB

GrabJobs resmi umumkan ekspansinya ke Indonesia.

Semakin hari, semakin banyak startup di bidang lowongan pekerjaan atau perekrutan karyawan yang bermunculan. Seperti Grabjobs misalnya. Startup asal Singapura ini resmi mengumumkan ekspansinya hari ini (28/10/19) ke Indonesia.

Terkait dengan ekspansinya ini, Emmanuel Crouy selaku Co-founder & CEO, GrabJobs mengatakan bahwa kebutuhan akan tenaga kerja terampil yang diperlukan oleh beberapa sektor industri di Indonesia menjadi alasan GrabJobs untuk melebarkan sayapnya ke Indonesia saat ini.

“Pasar tenaga kerja Indonesia di beberapa sektor seperti ritel, perhotelan, dan industri Food and Beverage (F&B) telah mengalami peningkatan pesat. Perusahaan yang kami temui tidak dapat mengimbangi kebutuhan terus-menerus untuk merekrut tenaga kerja karena banyaknya pembukaan outlet baru. GrabJobs pun hadir untuk memberikan solusi tepat guna membantu perekrutan menjadi lebih cepat, efisien, dan efektif,” ujar Crouy.

Dari sisi fitur yang diunggulkan, GrabJobs memiliki fitur otomatisasi perekrutan yang mempermudah para perusahaan ketika proses pencarian kandidat karyawan.

Untuk fitur ini sendiri, GrabJobs memanfaatkan teknologi chatbot (bot obrolan) yang akan menangani wawancara, penyaringan dan penilaian profil, penjadwalan wawancara, serta pengingat wawancara secara otomatis.

Baca Juga: Myrobin: Jembatani Para Pelamar Kerja dengan HRD di Perusahaan

Lebih Efisien Bagi Perusahaan

Untuk saat ini, GrabJobs fokus membidik tenaga kerja pemula serta menengah dan telah bekerja sama dengan 5.000 perusahaan, seperti Uniqlo, H&M, Zara, KFC, Genki Sushi, Intercontinental Hotel Group, Accor Hotels, Conrad, dan ribuan partner perusahaan lainnya.

Untuk diketahui, GrabJobs telah membantu perusahaan seperti Uniqlo mengurangi proses penyaringan kandidat dari 40 jam per minggu menjadi hanya 1 jam.

Kandidat atau pencari kerja pun tidak membutuhkan CV atau Resume untuk melamar pekerjaan. Mereka hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan yang relevan dari chatbot.

“Wawancara juga bisa dilakukan melalui obrolan/chat di mana saja dan tanggapan instan pun akan didapatkan segera, apakah pelamar terpilih untuk pekerjaan tersebut atau tidak. Ini merupakan cara tercepat untuk mendapatkan pekerjaan,” jelas Crouy.

Untuk mengawali langkah pertama di Indonesia, GrabJobs sudah bekerja sama dengan Ismaya Group, Union Group, Love Bonito, Ascott Hospitality Group, Go-Work Offices, dan beberapa perusahaan lainnya.