Find Us On Social Media :

Strategi Ralali Berdayakan UMKM Indonesia

By Adam Rizal, Rabu, 30 Oktober 2019 | 12:30 WIB

Ralali.com

Saat ini generasi muda berperan menjadi motor penggerak dan agen perubahan untuk Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara lantaran tingkat kewirausahaan Indonesia dinilai masih sangat rendah.

Berdasarkan data Entrepreneurship Global Index 2018, indeks kewirausahaan di Indonesia hanya3,1% dan menduduki peringkat 94 dari 137 negara. Tertinggal dari negara ASEAN lainnya antara lain Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina.

VP of Marketing Ralali.com, Jessica Carla meyakini Sumpah Pemuda sebagai momentum tepat bagi pemuda untuk semakin produktif dan berkarya bagi Indonesia,memiliki peran dan fungsi strategis dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju.

"Anak muda saat ini memiliki karakteristik yang antusias, semangat kompetitif, serta kemampuan beradaptasi yang tinggi dengan perkembangan teknologi sehingga Indonesia siap menghadapi revolusi industri 4.0 dan bisa bersaing secara global," ujarnya dalam siaran persnya, Rabu (30/10).

Karena itu, Ralali.com mengadakan kegiatan Workshop Ralali.com seperti Coffee Journey turut mendukung kampanye HarBIGNas secara offline, dengan tujuan mengedukasi, dan mengenalkan kemudahan pemenuhan usaha untuk kemajuan usaha pelaku atau calon pelaku UMKM yang antusias dengan bisnis kedai kopi.

Ralali tidak hanya secara online (platform Ralali.com) melaluiHarBIGNas yang dimulai di 10.10, 11.11 hingga puncaknya 12.12, namun juga melaluikegiatan-kegiatan offline.

Carla mengatakan Coffee Journey Ralali.com ke-20 telah mengedukasi langsung secara eksklusif 1.000 pelaku usaha industri kopi Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Malang dan ​Entrepreneurship Global Index 2018 Bali.

“Tujuannya agar mereka semakin kreatif bisnisnya dan pemenuhan kebutuhanusaha kopinya terus berkembang melalui Ralali.com," kata Carla dalam acara Coffee‘Media’ Journey dengan tema “Road to 12.12 HarBIGNas” di Gordi HQ, Jakarta (28/10/2019).

Ajang HarBIGNas (Hari Belanja Item Grosir Nasional) 2019 juga sejalan dengan target Ralali untuk memberdayakan 1 juta UMKM di tahun 2019. Kampanye HarBIGNasRalali.com ini sebagai upaya mendorong pengusaha muda maupun pelaku UMKM yang memiliki usaha agar mudah mengembangkan usahanya melalui platform Ralali.

HarBIGNas adalah bentuk upaya pendekatan ke pelaku usaha melakukan transaksi viamobile apps Ralali. Mengingat dari 63 juta UMKM di Indonesia, baru 3,97 juta UMKM yang menggunakan teknologi sehingga program yang pro-UMKM ini bisa mendorong UMKM lebih melek digital saat mengembangkan bisnis khususnya dalamhal pemenuhan kebutuhan usaha (​sourcing​) dan pendanaan (​financing​).

“Kami hadirkan HarBIGNas yang memberikan keuntungan bagi UMKM, hanya dengan bertransaksi, belanja grosir sebanyak-banyaknya pada periode 10.10 sampai 12.12.Setiap transaksi senilai Rp`10 ribu akan mendapat 1 Ralali Poin untuk menjadi tiket memenangkan undian 12.12 dengan hadiah puluhan juta rupiah,” jelas Carla.

Sahabat Ralali.com (UMKM) juga berhak mendapat beragam ​cashback ke Ralali Wallet, yang dapat dibelanjakan kembali untuk kebutuhan usaha, dimana saat dibelanjakan 12.12 secara offline nanti, nilainya akan berlipat ganda.