Pada tahun 2019, ada 25 kota/kabupaten yang terpilih mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City. Kota/kabupaten terpilih ini kemudian mendapat bimbingan teknis dari akademisi dan praktisi smart city selama kurang lebih lima bulan.
Ada dua target yang harus dicapai kota/kabupaten terpilih setelah mengikuti proses bimbingan teknis.
Yang pertama adalah sebuah master plan smart city yang disesuaikandengan tantangan dan peluang dari masing-masing daerah.
Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate mengatakan Gerakan Menuju 100 Smart City adalah salah satu upaya optimalisasi infrastruktur internet seperti Palapa Ring yang telah dibangun hingga ke pelosok-pelosok Nusantara.
"Kami ingin agar pemerintah dan masyarakat memanfaatkan jaringan internet ini secara positif dan produktif sebagai infrastruktur yang bakal dapat menggenjot tingkat ekonomi dan sosial masyarakat, terutama di daerah-daerah yang sebelumnya relatif tertinggal dalam hal akses internet," katanya di Jakarta, Senin (4/11).
"Smart City tidak bisa dibangun dalam sehari melalui program ini harus dilaksanakan secara berkelanjutan. Harapannya, pemda dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik dan menggenjot konsumsi produksi masyarakat dengan marketplace," katanya.
General Manager Male Media Grid Network Didi Kaspi Kasim mengatakan kehadiran teknologi dapat menjawab permasalahan yang kompleks di masyarakat. Gerakan smart city sudah menuntaskan misinya dan melahirkan 100 masterplan rencana induk.
"Semoga gerakan ini dapat menularkan semangat inovasi daerah-daerah yang belum melaksanakan gerakan smart city. InfoKomputer sangat terbuka berkolaborasi meneruskan momentum ini untuk melanjutkan indonesia yang lebih baik," pungkasnya.
Target kedua adalah adanya program cepat (quick win) yang diimplementasikan dalam 1-2 tahun ke depan dan hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat.
Berikut adalah beberapa contoh program quick win dari masing-masing daerah yang lahir dari Gerakan Menuju 100 Smart City.
Kota Ambon:
Ambon Access adalah aplikasi bagi wisatawan yang menginformasikan lokasi wisata dan informasi penting lainnya. Kemudian, ada program Ambon Menuju Kota Musik Dunia yang merupakan bagian dari smart branding untuk mengangkat potensi musik Kota Ambon