Facebook Inc baru saja memperkenalkan fitur katalog untuk para pengguna WhatsApp Business.
"Hari ini kami memperkenalkan katalog di aplikasi WhatsApp Business untuk mempermudah penawaran produk dan bisnis," kata WhatsApp, anak perusahaan Facebook, melalui siaran di blog resmi mereka.
Fungsi utama katalog di Whatsapp Business adalah agar pemilik akun bisa menampilkan produk atau barang dagangan yang mereka jual. Dengan begitu, konsumen yang ingin berbelanja dapat dengan mudah memilih produk yang ingin dibeli.
Sebelum ada fitur katalog, tanya jawab seputar produk dan spesifikasinya harus dilakukan secara manual. Contohnya pengguna harus mengirimkan foto dan penjelasan satu per satu ke tiap konsumen.
Secara prinsip, katalog produk di WhatsApp Business mirip dengan katalog yang ditemui di platform e-commerce. Pemilik akun bisa menampilkan foto harga barang, deskripsi produk, dan kode produk melalui aplikasi.
"Katalog membuat pemilik bisnis terlihat lebih profesional dan konsumen tetap berada di dalam aplikasi Whatsapp, tanpa perlu mengunjungi situs lain," kata WhatsApp.
Katalog di WhatsApp Business untuk sementara baru tersedia di beberapa negara, yaitu Indonesia, Amerika Serikat, Brazil, Jerman, India, Meksiko dan Inggris Raya, baik untuk Android maupun iPhone.
Jumlah Pengguna
Keputusan WhatsApp meluncurkan aplikasi WhatsApp Business untuk bisnis sangat tepat karena pengguna WhatsApp Business sudah tembus 5 juta.
Angka ini terbilang sebuah pencapaian tersendiri mengingat WhatsApp Business baru hadir Januari 2018.
Aplikasi WhatsApp Business sendiri bertujuan untuk memudahkan komunikasi antara penjual dengan pelanggan melalui chat WhatsApp.
"Januari tahun lalu, kami meluncurkan aplikasi WhatsApp Business dan sekarang ada lebih dari lima juta bisnis yang menggunakannya untuk mendukung pelanggan, menumbuhkan bisnis mereka, dan melayani komunitas mereka di seluruh dunia," tulis WhatsApp di blog resminya.
WhatsApp Business memberikan banyak fitur untuk memudahkan para pebisnis dalam mengelola akunnya, secara khusus untuk merespons para pembelinya lewat chat.
Selain itu, penjual bisa memberikan informasi kepada pembelinya dengan menuliskan profil bisnis, jam tutup toko hingga alamat email dan situs web.
Fitur
WhatsApp Business juga secara berkala mendapat fitur-fitur tambahan di antaranya:
1. Balasan cepat dengan jawaban otomatis sehingga membantu penjual untuk memberikan jawaban paling umum yang sering ditanyakan oleh pembeli.
2. Obrolan dan kontak dapat diatur dengan fitur label sehingga lebih rapih.
3. Filter obrolan yang membuat penjual bisa menyortir obrolan baik dari pesan personal grup atau daftar pesan yang belum dibaca.
Sejak awal kemunculannya, WhatsApp Business diharapkan dapat membantu para pelaku UKM untuk menumbuhkan bisnisnya.
Persyaratan
Syarat yang dibutuhkan untuk membuat akun WhatsApp Business di iPhone/iPad adalah, sistem operasi yang dijalankan minimum harus iOS 8 atau yang lebih baru.
Tidak hanya itu, WABetainfo juga menyebut bahwa selain semua fitur yang sudah tersedia pada aplikasi WhatsApp Business, aplikasi bisnis tersebut nantinya juga bakal mendukung semua fitur WhatsApp terbaru.
Sebagaimana diketahui, WhatsApp Business adalah versi berbayar dari aplikasi chatting yang telah diunduh 1 miliar orang lebih yang memberikan kemudahan bagi para pebisnis atau pemilik toko untuk terhubung dengan konsumen.
Di dalamnya, terdapat fitur Business Profiles, untuk halaman detail profil bisnis seperti jam buka toko, lokasi toko, serta produk yang ditawarkan. Selain itu, ada pula statistik pengiriman dan penerimaan pesan, berbagai tools untuk mengirim pesan, dan kemudahan lainnya untuk para wirausahawan.
Uniknya, Whasapp Business ini tidak memerlukan nomor ponsel, melainkan bisa diganti oleh telepon rumah atau kantor tempat usaha itu berdiri seperti dikutip GadgetsNow.
Sebelumnya, WhatsApp Business sudah meluncur di Android beberapa waktu lalu Kemunculannya di iOS tentunya akan serta-merta semakin memudahkan pengguna Apple yang memiliki usaha dalam mengontrol kegiatan jual-beli.