Find Us On Social Media :

Duh! Serangan Penipuan Phising Naik Saat Promo Belanja 11.11

By Adam Rizal, Selasa, 12 November 2019 | 16:00 WIB

Orang Indonesia Habiskan Rp1,2 juta untuk Belanja Online saat Ramadhan

Aktivitas penipuan di e-commerce diduga meningkat tajam selama periode promo diskon 11.11. Berdasarkan catatan Kaspersky, terdapat lonjakan serangan penipuan finansial dengan teknik phising.

Hal ini berdasarkan pantauan perusahaan keamanan siber itu pada penjualan 11 November tahun lalu.

Phising penipuan finansial ini dilakukan dengan mengirimkan surel (email) ataupun menyebar tautan lewat pesan teks.

Kaspersky memperkirakan serangan serupa akan dilakukan tahun ini. Sehingga disarankan para pemburu diskon agar berhati-hati dengan email dan pesan terkait promo 11.11.

Kaspersky mencatat jumlah rata-rata serangan phishing finansial mengalami fluktuasi sekitar 350 ribu per hari di bulan Oktober.

Kemudian, beberapa hari sebelum 11 November 2018, lonjakan serangan naik drastis jadi 950 ribu serangan.

"(Tanggal) 11 November (memang) menjadi waktu yang terbaik untuk berbelanja [...] sekaligus menjadi momentum terbaik bagi para phisher dan spammer," kata Peneliti Keamanan di Kaspersky Andrey Kostin dalam keterangan resminya, Selasa (12/11).

Para peneliti Kaspersky juga menemukan aplikasi e-commerce palsu bertebaran. Terutama aplikasi toko e-commerce yang memiliki penawaran khusus untuk tanggal 11 November. Sebab pencarian untuk aplikasi-aplikasi ini secara umum memang cukup tinggi.

Pada 2019, sebanyak 83 persen dari toko online palsu ini menyamar sebagai marketplace asal Asia. Sementara pada tahun 2018 jumlahnya mencapai 93 persen.

"Dalam mengejar diskon besar dan penawaran terbatas, orang cenderung kehilangan kewaspadaan mereka dan sulit membedakan antara situs web phishing dengan yang sah," katanya.

Untuk memastikan kegiatan berbelanja 11.11 bebas dari spam dan phising, Kaspersky memberikan saran sebagai berikut.

- Waspada atas tautan.