Transaksi penjualan Global Shopping Festival 11.11 Tahun 2019 yang digelar Alibaba Group menembus angka 268,4 miliar Renminbi atau ekuivalen Rp538,5 triliun pada prosesi penutupan, Selasa (12/11/2019) pukul 00.00 waktu China Standard Time GMT +8.
Jumlah transaksi berbasis gross merchandise volume (GMV) ini lebih tinggi 25,7 persen dan mematahkan pencapaian Global Shopping Festival 11.11 tahun 2018 senilai 213,5 miliar Renminbi atau setara Rp 428,3 triliun.
Tak hanya transaksi penjualan, jumlah pemesanan yang diantar Cainiao Network juga mengalami lonjakan dengan angka 1.292 miliar paket.
Presiden Direktur Taobao dan Tmall Fan Jiang mengatakan, hari ini Alibaba menunjukkan kepada dunia bagaimana wujud masa depan konsumsi bagi brand dan konsumen.
“Kami memenuhi permintaan konsumen China yang semakin tumbuh dan membantu mereka meningkatkan gaya hidup, sambil memperkenalkan kepada para pengguna baru tentang ekonomi digital kami di seluruh China dan dunia,” kata Jiang.
Global Shopping Festival 11.11 tahun 2019 diikuti lebih dari 200.000 brand dengan 1 juta produk baru diluncurkan.
Penjualan 299 merek melampaui GMV 100 juta Renminbi, dan 15 dari total merek itu melampaui GMV 1 miliar Renminbi.
Merek terkemuka yang termasuk dalam kelompok tersebut adalah Apple, Bose, Estée Lauder, Gap, H&M, L’Oréal, Levi’s, MUJI, Nestlé, Nike, Philips, The North Face, Under Armour, dan Uniqlo.
Adapun 10 besar negara yang mencatat penjualan terbesar berdasarkan GMV yakni Jepang, Amerika Serikat, Korea, Australia, Jerman, Perancis, Inggris, Selandia Baru, Italia, dan Kanada.
Sejatinya, pergelaran pesta belanja online terbesar di dunia ini bakal menciptakan rekor-rekor baru.
Terbukti, gelaran pesta belanja baru berjalan 1 menit 8 detik saja sudah meraup angka penjualan 1,0 miliar Renminbi atau Rp 14,036 triliun.
Menyusul catatan-catatan baru lainnya yang dibukukan selama pelaksanaan Global Shopping Festival 11.11 Tahun 2019 berlangsung.