Find Us On Social Media :

Lenovo ThinkCentre M90n-1 Nano, Desktop Terkecil Spesialis IoT

By Adam Rizal, Jumat, 15 November 2019 | 09:30 WIB

Lenovo ThinkCentre M90n-1 Nano, Desktop Terkecil Spesialis IoT

Lenovo Indonesia menghadirkan lini desktop komersial paling kecil di dunia, yaitu ThinkCentre M90n-1 Nano dan ThinkCentre M90n-1 Nano IoT. Kedua produk ini diklaim memberikan efisiensi ruang, penghematan energi, performa tangguh, serta kemudahan pengelolaan.

Azis Wonosari (Presales Manager Lenovo Indonesia) mengatakan saat ini industri menghadapi tantangan berupa kian mahalnya biaya energi, harga sewa ruang kerja, serta meningkatnya potensi ancaman siber di dunia maya.

"ThinkCentre M90n-1 Nano dapat menjawab tantangan bisnis saat ini terutama di sektor IoT," katanya di Jakarta, Kamis (14/11).

Dengan ukuran sepertiga dari ThinkCentre Tiny, ThinkCentre M90n-1 Nano adalah desktop komersial terkecil di dunia. Memiliki berat 505 gram, desktop ini menghadirkan kenyamanan dan kemudahan pengelolaan yang dapat menghemat ruang bagi pengguna.

Meski berukuran mini, PC desktop ini diklaim memiliki ketangguhan layaknya desktop berukuran biasa. Perangkat ini cocok diletakkan di belakang monitor (memanfaatkan slot penjepit monitor), di bawah meja, atau di mana saja dengan dukungan mount VESA. ThinkCentre M90n-1 Nano menjadikan ruang kerja lebih leluasa serta menghemat biaya energi setiap tahunnya hingga 30 persen.

ThinkCentre M90n-1 Nano menggunakan prosesor Intel Core vPro i7 Processors generasi ke-8 dan media penyimpanan berbasis SSD, sehingga dapat menangani file-file berat atau melakukan multasking. 

Selain itu, desktop ini dapat di upgrade ke 16 GB DDR4 dan dua slot SSD M.2 sehingga pekerjaan dengan kecepatan maksimal dan responsif tanpa harus berkompromi terhadap kapasitas penyimpanan.

Keleluasaan lain yang diberikan desktop ini adalah kompatibilitas USB via monitor Type-C atau port Type-C yang berfungsi sepenuhnya, sehingga memberikan kemudahan input/ output untuk menunjang pekerjaan di berbagai kebutuhan.

Lolos Standar Militer

ThinkCentre M90n-1 Nano IoT didesain untuk tahan beroperasi di tengah suhu ekstrim dan telah di uji dengan MILITARY-STANDARD tes untuk standar kestabilan perangkat. Hal ini menunjukkan bahwa produk ini ideal digunakan oleh industri manufaktur, ritel, kesehatan, dan industri lain yang berfokus pada IoT.

Dirancang sebagai perangkat efisien energi, ThinkCentre M90n-1 Nano IoT tidak menggunakan kipas pendingin namun tetap bisa memiliki kemampuan ketahanan rentang suhu panas (0-50°C) dan dirancang untuk getaran lebih kuat serta beradaptasi sangat baik di lingkungan bersuhu tinggi.

"Sebagai perantara IoT yang aman, ThinkCentre M90n-1 Nano IoT dapat melakukan proses dan pengamanan untuk perangkat IoT yang membutuhkan real-time respon," ucapnya. Selain itu, ThinkCentre M90n-1 Nano IoT dapat menghubungkan antara kecepatan informasi dengan perangkat periferal IoT, sensor serta perangkat lainnya yang membuat daya responsif serta kestabilan performa terus meningkat meski digunakan dalam lingkungan yang menantang.