Find Us On Social Media :

Tanpa Layanan Google, Huawei Mate 30 Pro Dibanderol Rp12,5 Juta

By Rafki Fachrizal, Kamis, 14 November 2019 | 21:24 WIB

Huawei Mate 30 Pro resmi meluncur di Indonesia

Huawei akhirnya resmi memboyong smartphone Mate 30 Pro ke Tanah Air. Smartphone flagship ini akan dijual dengan harga Rp12.499.000, yang di mana lebih murah dibanding negara lain di Asia Tenggara.

Di balik peluncuran smartphone tersebut yang digelar hari ini (14/11) di Jakarta, yang menarik menjadi perhatian yakni di mana Huawei Mate 30 Pro tidak menyematkan Google Mobile Services (GMS).

Hal ini terjadi mengingat sanksi yang diberikan pemerintah AS terhadap Huawei yang di mana melarangnya untuk melakukan perdagangan bisnis dengan perusahaan-perusahaan teknologi di negara tersebut, termasuk dengan Google.

Padahal seperti diketahui, GMS notabene sudah menjadi bagian dari keseharian pengguna smartphone di Indonesia seperti layanannya yang berupa Youtube, Google Search, Google Maps, Google Play Store, dan lainnya.

Sebagai gantinya, Lo Khing Seng selaku Deputy Country Director Huawei CBG Indonesia mengatakan bahwa smartphone terbaru Huawei ini dibekali dengan Huawei Mobile Services (HMS).

“Satu hal yang pasti, Huawei berkomitmen dan berusaha keras untuk memberikan yang terbaik untuk para konsumen. Hal ini memang harus terjadi karena faktor eksternal (larangan kerja sama dengan Google). Tapi untuk mengatasinya, kita hadirkan HMS dan saat ini juga sudah kerja sama dengan banyak top apps di Indonesia,” jelas Seng.

Bahkan, Seng juga menuturkan bahwa kini tercatat sudah ada cukup banyak aplikasi yang mampu beradaptasi dan berjalan cukup normal di HMS tersebut.

Spesifikasi yang Ditawarkan

Nah, terlepas dari ketiadaan GMS di smartphone ini, Huawei Mate Pro 30 menawarkan spesifikasi menarik yang diklaim terbaik di kelas smartphone flagship saat ini.

Dari segi dapur pacu misalnya. Smartphone ini menggunakan chipset Huawei Kirin 990 yang diproduksi dengan proses 7nm.

"Smartphone ini menggunakan salah satu chipset terbaru kita (Kirin 990), dan ini pertama kalinya kita menggunakan chipset ini di smartphone Huawei," kata Edy Supartono, Training Director, Huawei CBG Indonesia.

Di sisi kamera, smartphone yang mengunggulkan kemampuan fotografi dan videografi-nya ini dilengkapi dengan empat kamera belakang yang terdiri dari 40 MP Cine Camera Ultra Wide Angle dan 40 MP SuperSensing Camera, 8 MP Telephoto Camera, dan 3D Time of Lights Camera untuk memberikan efek bokeh.