Find Us On Social Media :

EmpatKali: Fintech dengan Layanan Cicilan Barang Tanpa Dikenakan Bunga

By Rafki Fachrizal, Kamis, 21 November 2019 | 18:59 WIB

Jamie Camidge (Chief Executive Officer dan Co-Founder, EmpatKali)

Dengan semakin tingginya minat orang-orang terhadap layanan keuangan berbasis online, tidak heran bila startup di bidang fintech (financial technology) semakin hari semakin terus menjamur saja.

Jika mengacu pada data dari OJK, tercatat sudah ada  127 startup fintech yang terdaftar di lembaga tersebut per 30 September 2019.

Nah, dari sekian jumlah startup fintech yang terdaftar tersebut, salah satu startup fintech yang memiliki layanan yang menarik adalah EmpatKali.

Didirikan oleh Jamie Camidge dan rekannya Hadi Tanzil, EmpatKali merupakan startup fintech Peer-to-Peer (P2P) Lending yang menawarkan layanan berupa cicilan untuk pembelian barang dari brand (merek) fesyen dan gaya hidup.

“Ketika konsumen membeli suatu barang melalui EmpatKali, mereka hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera di toko karena kami tidak mengenakan bunga sedikitpun untuk setiap transaksinya,” ujar Jamie Camidge selaku Chief Executive Officer dan Co-Founder, EmpatKali.

Sesuai dengan namanya yaitu EmpatKali, setiap pengguna berkesempatan mencicil barang dengan tenor sebanyak empat kali dan tanpa bunga seperti yang dijelaskan Jamie sebelumnya.

Pembagiannya, setiap pembayaran cicilan ini harus dibayarkan sebesar 25% dari total harga barang yang telah dibeli.

Jadi, misalnya membeli sebuah sepatu pria dengan harga Rp600 ribu, maka setiap pembayaran cicilannya dikenakan sebesar Rp150 ribu.

Selanjutnya, untuk tenornya sendiri, bukan dibayarkan oleh pengguna di setiap bulan setelah pembayaran pertama dilakukan.

Tetapi, pembayaran dilakukan di setiap dua minggu sejak pembayaran pertama dilakukan.

“Setelah pembayaran pertama dilakukan pengguna melalui aplikasi EmpatKali atau secara langsung di toko mitra, tiga cicilan selanjutnya akan terjadwal secara otomatis pada 14, 28 dan 42 hari kemudian setelah pembayaran pertama. Untuk pembayarannya, dapat dilakukan menggunakan virtual account atau melalui dompet digital DANA,” ucap Jamie.

Meski konsep cicilan yang diterapkan tergolong berbeda dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang di mana melakukan pembayaran cicilan di setiap bulan, Jamie optimis bahwa konsep tersebut dapat berjalan dan menarik banyak pengguna untuk menggunakan layanan EmpatKali.