Find Us On Social Media :

Nodeflux, Modal Rakyat, dan AwanTunai Juarai Kompetisi Startup NTT

By Rafki Fachrizal, Jumat, 22 November 2019 | 11:16 WIB

Ketiga perwakilan dari masing-masing startup yang memenangkan kompetisi "NTT Startup Challenge 2019"

Tahun ini, perusahaan teknologi NTT Ltd. kembali menggelar kompetisi startup bertajuk “NTT Startup Challenge 2019”.

Menjadi tahun ketiga gelarannya, kompetisi yang diikuti ratusan startup dari berbagai negara terpilih di Asia ini, kemarin (21/11/19) resmi mengumumkan tiga pemenang utamanya.

Yang menariknya, tiga startup pemenang utama tersebut seluruhnya berasal dari Indonesia dan berhak mendapatkan hadiah dengan total US$10,000,-.

Juara pertama yakni Nodeflux, yang mendapatkan hadiah sebesar US$5,000,-. Startup ini menyediakan solusi real data monitoring mengenai pengenalan dan tingkah laku manusia menggunakan teknologi AI.

Saat ini, teknologi Nodeflux telah digunakan di berbagai industri seperti perbankan, periklanan, dan hospitality, serta mendukung konsep smart city (kota pintar) yang digagas oleh pemerintah RI sejak beberapa waktu lalu.

Kemudian, juara kedua yaitu Modal Rakyat dengan menerima hadiah US$3,000,-. Modal Rakyat sendiri merupakan startu fintech P2P dengan kemampuan mitigasi resiko keuangan, yang melayani B2B2C.

Baca Juga: EmpatKali: Fintech dengan Layanan Cicilan Barang Tanpa Dikenakan Bunga

Sedangkan juara ketiga, yaitu AwanTunai. Dengan menerima hadiah sebesar USD 2,000,-, AwanTunai merupakan startup fintech yang bergerak di bidang rantai pasokan dengan pengembangan keuangan mikro untuk pengecer yang memberikan informasi berupa data penjualan, informasi tentang kredit, hingga mitigasi resiko.

Menanggapi soal kompetisi startup ini, Yasunori Kinebuchi selaku Pencentus Program NTT Startup Challenge, mengatakan “Kami telah menerima lebih dari 600 aplikasi tahun ini dan telah memilih sepuluh finalis untuk menghadiri kontes pemaparan singkat ide. Kami sangat bangga dapat mengumumkan ketiga pemenang pada kompetisi ini.”

Menurut Kinebuchi, hasil dari kompetisi ini akan menjadi awal kerja sama antara NTT dengan para startup pemenang tersebut.

“Ini merupakan awal dari kolaborasi lanjutan dengan menggunakan sumber jaringan yang kami miliki, seperti infrastruktur TI kami, pengetahuan organisasi dan teknik, dan basis pelanggan secara global. Ke depannya kami akan terus mendukung pembentukan ekosistem perusahaan rintisan di Asia Tenggara,” ujar Kinebuchi.

Sebagai informasi, NTT akan kembali menyelenggarakan NTT Startup Challenge pada tahun 2020 di Indonesia dan di dua negara lainnya di Asia Tenggara.