Find Us On Social Media :

Inilah Deretan Startup Pengembang Chatbot yang Ada di Indonesia

By Rafki Fachrizal, Rabu, 27 November 2019 | 12:30 WIB

Ilustrasi Chatbot

Saat ini, chatbot digadang-gadang mampu meningkatkan kualitas layanan pelanggan di sebuah perusahaan lantaran beragam kemampuan yang dimiliki teknologi tersebut.

Untuk mengadopsi teknologi ini, tentunya memilih penyedia layanan yang tepat menjadi salah satu tantangan bagi perusahaan.

Untuk di Indonesia sendiri, kini terdapat beberapa startup yang fokus menyediakan layanan chatbot.

Nah, jika Anda saat ini sedang mencari kandidat penyedia layanan chatbot yang sesuai dengan keinginan perusahaan, mungkin daftar berikut ini bisa dipertimbangkan untuk menjadi salah satu pilihannya.

1. Kata.ai

Didirikan pada tahun 2015, Kata.ai sebelumnya dikenal dengan nama YesBoss. Startup ini menawarkan layanan chatbot yang dapat membantu mempermudah operasional bisnis perusahaan di Indonesia, mulai dari layanan konsumen, pemasaran produk, proses jual-beli, hingga pengumpulan data dari media sosial dan aplikasi pesan instan milik perusahaan tersebut.

Klien: Telkomsel, Alfamart, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Unilever, dan lainnya.

 2. AiChat

Pertama kali beroperasi di Singapura, sejak beberapa waktu lalu AiChat telah menghadirkan layanan pembuatan chatbot untuk perusahaan di Indonesia. Startup ini mengklaim bahwa layanan chatbot-nya dapat mengotomatisasi 91% bagian bisnis dari sebuah perusahaan dan menaikkan tingkat percakapan hingga 3 kali lipat lebih banyak dari sebelumnya.

Klien: Marina Bay Sands, Mitsubishi Motors, Philips, Bayer, StarHub, dan lainnya.

3. EVA

Sama seperti startup di bidang chatbot lainnya, startup yang berbasis di kota Bandung ini menyediakan layanan pembuatan chatbot untuk beragam kebutuhan perusahaan di berbagai platform messaging, tanpa perlu memiliki kemampuan programming, dan pengelolaan serta mendapatkan insight dengan mudah. Untuk terkait harga, EVA menawarkan layanannya dengan mulai dari Rp70.000 per 10.000 respon/proses.