Find Us On Social Media :

Qoala: Andalkan Teknologi untuk Permudah Proses Klaim Asuransi

By Rafki Fachrizal, Senin, 2 Desember 2019 | 17:00 WIB

Tommy Martin (Co-founder dan COO, Qoala)

Jika dibandingkan dengan negara-negara lain di wilayah Asia Tenggara, angka penetrasi asuransi di Indonesia masihlah sangat rendah. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penetrasi asuransi di Indonesia pada tahun 2018 baru menyentuh angka 3,01%. Padahal, asuransi seharusnya menjadi andalan bagi masyarakat untuk melindungi dari berbagai risiko di masa depan yang dapat mengancam perencanaan keuangan.

Nah, sebagai upaya untuk meningkatkan angka penetrasi asuransi di Tanah Air, kini satu persatu startup yang fokus mengembangkan teknologi di bidang asuransi mulai bermunculan. Disebut dengan startup insurtech (insurance technology), salah satu nama startup tersebut yakni Qoala.

Didirikan oleh Harshet Lunani dan Tommy Martin, Qoala yang sudah aktif beroperasi sejak awal tahun lalu ini hadir dengan menawarkan layanan berbeda dari startup insurtech lainnya, yang di mana kebanyakan hanya berbentuk aggregator produk asuransi saja.

“Qoala melihat bahwa masalah utama masyarakat saat ini bukan dalam hal mencari produk asuransi secara online. Tapi, masalah utamanya itu edukasi masyarakat terhadap produk asuransi yang masih sangat minim sekali,” ujar Tommy Martin selaku Co-founder dan COO, Qoala.

Menurut Tommy melanjutkan, dengan generasi milenial yang menjadi dominasi di era digital saat ini, Qoala memiliki pandangan bahwa edukasi terhadap asuransi dapat ditingkatkan dengan cara menghadirkan inovasi yang mampu mendukung perkembangan perusahaan asuransi. “Inovasi di sini tentunya dalam hal produk asuransi yang ditawarkan dan juga proses klaimnya yang mudah dan cepat,” cetus Tommy.

Mengacu pada kedua indikator tersebut, Qoala menyediakan inovasi berupa platform end-to-end yang mendigitalkan proses kerja perusahaan asuransi, mulai dari distribusi produk asuransi hingga proses klaim dari para pelanggannya.

Ambil contoh dari sisi proses klaim asuransi. Qoala yang saat ini fokus pada produk asuransi gadget dan perjalanan (pesawat dan kereta api) mengaku dapat membuat proses klaim menjadi lebih mudah dan cepat dibandingkan cara tradisional yang diterapkan perusahaan asuransi.

“Misalnya ada pengguna yang klaim keterlambatan penerbangan. Cara klaimnya hari ini itu kita harus datang ke perusahaan asuransi dan di sana harus mengikuti prosedur yang banyak. Mulai dari isi formulir informasi penerbangan, keterlambatan penerbangan, dan lainnya. Habis itu, kita juga perlu minta surat keterangan dari maskapai terkait untuk klaim ini dan ada proses-proses lain selanjutnya. Jika dihitung, kadang-kadang total waktu yang dihabiskan sampai klaim terbayarkan itu bisa memakan waktu 1 atau 2 minggu,” terang Tommy. 

Lalu, bagaimana Qoala bisa membuat proses klaim penerbangan ini menjadi simpel? Dengan memanfaatkan teknologi dan kerja sama dengan berbagai pihak terkait penerbangan, Qoala mampu secara otomatis memberikan klaim asuransi ketika pelanggan mengalami keterlambatan penerbangan.

“Jadi kalau membeli produk asuransi penerbangan Qoala, begitu ada keterlambatan yang terjadi, pelanggan akan menerima pesan secara otomatis melalui Whatsapp dengan akun resmi Qoala,” kata Tommy.

Di dalam pesan tersebut, akan memberitahukan bahwa pelanggan berhak mendapatkan kompensasi atas keterlambatan penerbangan yang dialami. Untuk mencairkan dana kompensasi tersebut, pelanggan akan diminta untuk menggunggah foto KTP guna memverifikasi kebenaran identitas.

“Setelah proses itu, pengguna bisa langsung memilih opsi pencairan kompensasi tersebut. Saat ini opsinya ada OVO, GoPay, LinkAja, atau transfer bank via virtual account. Karena instan, kurang lebih pengiriman kompensasi ini kami hanya butuh 10 sampai 15 detik saja,” ungkap Tommy.

Baca Juga: Ubiklan: Layanan Iklan Luar Ruang yang Manfaatkan Kendaraan dan Orang

Melibatkan Teknologi AI

Berbeda dengan klaim asuransi penerbangan yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk asuransi gadget Qoala mengandalkan teknologi Computer Vision yang di mana merupakan bagian dari teknologi AI.

“Jadi inovasi yang sudah kami lakukan adalah membangun teknologi self assesment, di mana kalau pelanggan ingin melakukan klaim asuransi gadget untuk layar retak misalnya, mereka tinggal ambil video selama 5 sampai 10 detik yang menunjukkan layar retak tersebut. Dari video itu, begitu diunggah ke sistemnya Qoala, kami akan mendeteksi beberapa hal seperti kesesuaian produk dan nomor IMEI. Nanti setelah klaim kami setujui, pelanggan bisa membawa langsung gadget tersebut ke pusat servis resmi yang menjadi mitra Qoala,” papar Tommy.

Lebih lanjut, dengan memanfaatkan teknologi berbasis AI seperti yang diterapkan di produk asuransi gadget, Qoala kini juga tengah mengembangkan produk asuransi untuk kendaraan mobil atau motor.

“Teknologi yang sama juga sedang kami kembangkan untuk asuransi kendaraan. Tapi jauh lebih kompleks dan menggunakan teknologi 3D. Jadi nantinya kami bisa otomatis mendeteksi bagian kendaraan mana yang rusak dan bagian mana yang tidak rusak. Intinya, teknologi yang kami bangun tujuannya supaya proses klaim asuransi bisa lebih mudah dan cepat,” tegas Tommy.

Sekadar informasi, selain produk asuransi gadget dan perjalanan, Qoala juga akan segera meluncurkan produk asuransi terbarunya di bidang  e-commerce, kesehatan, dan P2P (Peer-to-Peer) Lending.

Baca Juga: Myrobin: Jembatani Para Pelamar Kerja dengan HRD di Perusahaan

“Qoala melihat bahwa masalah utama masyarakat saat ini bukan dalam hal mencari produk asuransi secara online. Tapi, masalah utamanya itu edukasi masyarakat terhadap produk asuransi yang masih sangat minim sekali,

Telah Memiliki Banyak Mitra

Hingga kini, tercatat sudah ada hampir dua puluh perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia yang telah bermitra dengan Qoala. Adapun beberapa nama perusahaan asuransi tersebut seperti AXA, Zurich, Asuransi Central Asia (ACA), Simasnet, Padiciti, dan lainnya.

Untuk produk asuransi yang ditawarkan Qoala, dapat ditemukan di mitra (online/offline) yang menyediakan penggabungan produk atau layanan yang dijual dengan asuransi Qoala. Beberapa mitra tersebut di antaranya JD.ID, Pegipegi, MNC Travel, Butik Dukomsel, SentraPonsel, dan lainnya.

Selain itu, untuk mendukung perkembangan bisnisnya di Tanah Air, Qoala juga sudah mendapatkan suntikan dana dari beberapa investor besar baik dari dalam maupun luar negeri dengan jumlah yang enggan disebutkan.

“Kalau investor saat ini kami ada tujuh dan sudah dua kali ronde pendanaan. Ronde pertama atau pre-seed itu ada Central Capital Venture, SeedPlus, Genesia Ventures. Kemudian seed round yang baru terjadi di bulan ketiga tahun ini ada Sequoia, MassMutual, Golden Gate Ventures, dan MDI Ventures,” ucap Tommy.

Melalui perolehan pendanaan yang telah diraih tersebut, Qoala berkomitmen untuk terus mengembangkan inovasi berbasis teknologi yang dapat mendukung pertumbuhan asuransi di Tanah Air.

Baca Juga: EmpatKali: Fintech dengan Layanan Cicilan Barang Tanpa Dikenakan Bunga