Find Us On Social Media :

Perbandingan Spek ROG Phone II vs Black Shark 2 Pro, Pilih Mana?

By Adam Rizal, Rabu, 18 Desember 2019 | 11:30 WIB

Asus Rog Phone 2 vs Black Shark 2 Pro

Vendor smartphone Asus dan Black Shark telah memboyong ponsel gaming teranyar mereka ke Indonesia. Kedua ponsel tersebut adalah Asus ROG Phone 2 dan Black Shark 2 Pro. Kedua ponsel ini memiliki spesifikasi yang serupa.

Baik ROG Phone 2 maupun Black Shark 2 Pro sama-sama dibekali dengan chipset Snapdragon 855 Plus dipadukan dengan RAM hingga 12 GB dan aneka fitur gaming andalan.

Selain spesifikasi, harga kedua perangkat ini pun tidak jauh berbeda. Nah, dengan harga dan spesifikasi yang mirip, lantas apa saja perbedaan dari kedua ponsel gaming ini?

Desain dan layar

Dari segi fisik, Black Shark 2 Pro dan ROG Phone 2 sama-sama mengusung desain yang terbilang garang. Kedua ponsel dibekali dengan logo ikonik di bagian punggungnya yang bisa menyala, berikut cangkang berbahan kaca untuk ROG Phone 2 dan cangkang dengan nuansa aluminium di Black Shark 2 Pro.

Meski ukuran logo RGB di ROG Phone 2 lebih besar, lampu RGB di Black Shark 2 Pro jumlahnya lebih banyak, yakni terdiri dari tiga lampu RGB yang menghiasi punggung (dinamai "Shark Eye"), berikut dua lampu RGB lainnya yang terletak di masing-masing sisi ponsel.

Pada aspek layar, ROG Phone II dibekali dengan layar berukuran 6,59 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate hingga 120 Hz, berikut pemindai sidik jari yang sudah tertanam di dalam layar.

Sementara Black Shark 2 Pro layarnya berjenis AMOLED pula namun berukuran lebih kecil, yakni 6,39 inci (resolusi Full HD Plus) dengan refresh rate 60 Hz dan dukungan pemindai sidik jari di dalam layar pula.

Fitur gaming

Karena menyasar untuk para hardcore gamers, kedua vendor pun menyematkan beberapa fitur gaming di masing-masing ponsel, tentunya bertujuan untuk memaksimalkan pengalaman bermain game.

ROG Phone memiliki fitur untuk meredam segala macam notifikasi yang muncul (Game Genie) dan aplikasi khusus untuk menggenjot performa ponsel bernama X Mode. Ada pula sistem pendingin berlapis Game Cool 2, berikut fitur Air Trigger 2 yang memungkinkan pengguna memiliki tombol tambahan khusus layaknya tombol L1 dan R1 dalam gamepad.

Di Black Shark 2 Pro sendiri, aplikasi khusus untuk bikin ponsel "ngebut" hadir dengan nama Shark Space yang bisa diaktifkan melalui toggle yang terletak di bingkai sisi kanan ponsel, sementara fitur untuk meredam notifikasi bernama Gamer Studio.