Find Us On Social Media :

Pantas Kaya, Berapa Pendapatan Situs Nonton Film Online IndoXXI?

By Adam Rizal, Rabu, 25 Desember 2019 | 15:00 WIB

IndoXXI

Rencana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk memblokir situs streaming film ilegal menjadi perhatian publik akhir-akhir ini.

Menurut Kominfo, mereka sudah memblokir 1.130 situs web streaming ilegal, yang sebagian besar didominasi oleh IndoXXI.

Upaya Kominfo memblokir IndoXXI pun seperti aksi kucing dan tikus. Pasalnya, setiap kali Kominfo memblokir situs IndoXXI, website streaming film bajakan itu kembali hadir dengan nama dan domain yang baru.

IndoXXI masih bisa diakses melalui link IDTube.me. Ketika situs tersebut dibuka, isian kolom alamat situs diisi dengan IP address yang tertulis 103.194.171.75.

IndoXXI sendiri adalah situs streaming film dan serial televisi bajakan paling populer di Indonesia. Berdasarkan survei dari YouGov, 63 persen pengguna internet Indonesia menonton situs web streaming atau situs torrent untuk mengkonsumsi hiburan film.

Situs IndoXXI (Lite) menjadi aplikasi paling populer yang digunakan oleh 35 persen pengguna ISD (illicit streaming device). Sementara berdasarkan survei Coalition Against Privacy (CAP), ada 29 persen konsumen menggunakan TV box yang sudah diakali untuk melakukan streaming film bajakan.

Dengan cakupan pangsa pasar yang besar, muncul pertanyaan soal pendapatan IndoXXI. Tim kumparanTECH mencoba memprediksi estimasi jumlah traffic, nilai, dan pendapatan IndoXXI melalui penyedia pemeriksa traffic situs web, seperti URLrate, Check Website Price, serta Worth of Web.

Menurut situs pemeriksa pendapatan situs URLrate, idtube.me, sebagai nama situs terkini IndoXXI, berhasil meraih pendapatan rata-rata 2.659 dolar AS (sekitar Rp 37 juta) per hari.

URLrate juga mengestimasi situs idtube.me atau IndoXXI ini bernilai 1.914.480 dolar AS (sekitar Rp 26,7 miliar).

Valuasi tersebut memang tak mengherankan. Pasalnya, menurut URLrate, situs IndoXXI punya 221.621 daily unique visitors alias pengunjung harian yang datang ke situs lebih dari sekali dalam satu hari.

IndoXXI juga disebutnya punya 1.329.726 daily pageviews atau jumlah halaman yang dilihat pengunjung situs dalam satu hari.

Angka yang berbeda justru diungkap oleh situs pengecek traffic website bernama Check Website Price. Meski begitu, data yang diberikan cukup lengkap, termasuk pendapatan dari iklan.