Find Us On Social Media :

Apa saja Fitur Terbaru WhatsApp yang Bakal Hadir Tahun Depan?

By Adam Rizal, Minggu, 29 Desember 2019 | 17:00 WIB

WhatsApp Dark Mode

Aplikasi pesan instan, WhatsApp, terus mengembangkan fiturnya untuk membuat pengguna merasa nyaman dan tetap setia menggunakan platform-nya.

Sepanjang 2019, ada banyak bocoran atau uji coba fitur baru yang dikembangkan WhatsApp, namun tidak semuanya dirilis.

Ada kemungkinan besar fitur-fitur tersebut baru akan mereka bawa di tahun 2020, namun belum diketahui waktu perilisannya. Itu sebabnya fungsi anyar yang masih versi beta ini baru bisa dinikmati oleh sebagian kecil pengguna WhatsApp.

Untuk menjawab rasa penasaran apa saja fitur-fitur tersebut, kumparan membuat daftar lengkap dengan penjelasan fungsinya. Berikut tujuh fitur baru WhatsApp yang mungkin akan rilis di 2020.

1. Tampilan Dark Mode

Bagi sebagian pengguna WhatsApp yang menggunakan sistem Android 10 dan iOS 13 mungkin sudah bisa merasakan tampilan Dark Mode. Hal ini bisa dilakukan, karena kedua sistem itu mendukung tampilan gelap dari pengaturan layar bawaan. Lalu, bagaimana yang tidak menggunakan kedua OS tersebut?

Tenang saja, WhatsApp sudah menyiapkan fitur Dark Mode bawaan di aplikasinya. Fitur ini sedang tahap uji coba, dan tampilannya sudah bocor di Internet.

WhatsApp akan menyediakan dua tipe Dark Mode yang berbeda khusus di sistem operasi iOS. Perbedaan ini terletak pada warna latar belakang saat Dark Mode diaktifkan. Menurut laporan WABetainfo,untuk tipe pertama, WhatsApp menggunakan dark mode dengan latar belakang hitam pekat, sementara tipe kedua menggunakan abu-abu lebih terang.

2. Fitur Keamanan Face Unlock

Setelah membawa fitur keamanan fingerprint atau sensor sidik jari, WhatsApp diketahui tengah menyiapkan Face Unlock atau pemindai wajah. Face Unlock di WhatsApp akan berfungsi dengan cara yang sama seperti fitur pindai wajah di smartphone pada umumnya. Sayang, belum banyak detail tentang fitur ini yang keluar.

3. Fitur Last Seen untuk Beberapa Teman

WhatsApp dikabarkan bakal mengembangkan lebih jauh fitur "Last Seen"yang sudah ada di platform-nya. Fitur "Last Seen" yang baru nanti akan memungkinkan pengguna untuk memilih sejumlah kecil kontak yang dapat melihat tanda "Last Seen" mereka di WhatsApp.