Find Us On Social Media :

Daftar Enam Aplikasi Prakiraan Cuaca untuk Antisipasi Datangnya Hujan

By Adam Rizal, Sabtu, 4 Januari 2020 | 09:30 WIB

Info BMKG

Musim hujan telah datang. Tumpahan air dari langit bisa menggagalkan atau mengganggu agenda tertentu, misalnya kegiatan di luar ruangan, apalagi kalau timbul banjir.

Adakah aplikasi yang bisa memprediksi kedatangannya untuk antisipasi? Sebenarnya terdapat banyak sekali aplikasi perkiraan cuaca yang di PlayStore dan App Store, tapi tak semuanya jitu dan bisa diandalkan.

Terdapat enam aplikasi prakiraan cuaca yang direkomendasikan dan dapat memprediksi secara akurat. Berikut enam aplikasi tersebut seperti dikutip CNET:

1. Weather - The Weather Channel

The Weather Channel

Aplikasi cuaca pertama paling direkomendasikan ini disediakan oleh NOAA (Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat). Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi cuaca yang diklaim memiliki layanan terbaik.

Dalam aplikasi ini, terdapat prakiraan cuaca yang signifikan, prakiraan curah hujan, keadaan terkini, kondisi jalan lalu lintas, laporan aktivitas, dan video. Aplikasi ini bisa digunakan di Android dan iOS. Pengguna dapat mengunduh aplikasi secara gratis dengan layanan iklan. Namun, apabila ingin terbebas dari iklan dan menggunakan layanan secara maksimal, pengguna perlu membayar sebanyak 3,99 dolar AS atau setara dengan Rp 55.000.

2. AccuWeather

Accu Weather

Aplikasi kedua yang recommended adalah AccuWeather. Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi Weather Channel. Di layar utama aplikasi ini, pengguna akan menemukan informasi kondisi cuaca terkini, prakiraan cuaca yang akan datang, dan peta radar yang dapat disesuaikan dengan wilayah pengguna.

Selain itu, pengguna juga dapat mengatur notifikasi peringatan apabila terjadi cuaca buruk dan mengatur keadaan cuaca berdasarkan lokasi pengguna. Aplikasi yang tersedia di layanan Android dan iOS ini memiliki versi gratis yang berisi iklan.

Apabila ingin meniadakan iklan pengguna perlu membayar sekitar 2,99 dolar AS atau setara dengan Rp41.000.