Find Us On Social Media :

Review realme XT: Penerus Seri X dengan Empat Kamera dan Resolusi 64MP

By Dayu Akbar, Jumat, 10 Januari 2020 | 08:00 WIB

Tren kamera dengan resolusi besar di ponsel pintar kembali diusung sebagai daya tarik. Ini pula yang coba ditawarkan realme XT yang unggulkan resolusi 64 MP untuk kamera belakang utama. Kamera belakangnya sendiri ada empat dengan resolusi 64 MP (utama), 8 MP (ultrawide), 2 MP (makro), dan 2 MP (depth). Tidak heran jika kami langsung membandingkannya dengan Redmi Note 8 Pro yang memiliki spesifikasi serupa dalam hal kamera belakang.

Resolusi 64 MP ini merupakan resolusi maksimal yang mesti dipilih secara manual karena default-nya kamera belakang utama disetel dengan pilihan resolusi 16 MP. Ini sama dengan apa yang dilakukan oleh Redmi Note 8 Pro. Saat menggunakan resolusi 64 MP, otomatis ukuran satu berkas foto cukup besar, yaitu sekitar belasan megabyte.

Secara umum, kualitas foto-nya cukup baik untuk ponsel pintar dengan rentang harga tiga sampai empat jutaan. Hanya saja, warna yang dihasilkan terlihat kurang alami dan cenderung berlebihan. Namun, untuk yang hobi narsis atau milenial muda, biasanya memang suka dengan warna yang lebih dominan. Kamera belakang ini juga memiliki kemampuan zoom digital sampai 10x.

Selain 64 MP, kami tertarik dengan fitur NightScape untuk menangkap foto dalam kondisi temaram. Fitur ini memang membantu menghasilkan gambar dengan noise yang lebih sedikit. Bahkan, dengan beberapa kali eksperimen, hasilnya bisa lebih menarik dibanding mode malam biasa yang aktif berkat fitur AI-nya. Untuk foto bokeh juga terlihat rapi, meski ini juga tergantung dari kondisi objek dan latarnya.

Sayangnya, posisi kamera disusun secara vertikal dalam satu bingkai. Menurut kami desain bingkai yang agak menonjol sedikit menjadi ganjalan. Pasalnya, jika ponsel pintar diletakkan dalam posisi terlentang, bingkai ini akan mengganjal sehingga kurang nyaman.

Kamera swafotonya sendiri punya resolusi lebih rendah dibanding Redmi Note 8 Pro, yaitu 16 MP. Meski demikian, hasilnya tidak terlalu berbeda jauh, apalagi jika hanya dilihat di layar ponsel pintar. Kamera depan ini mendukung video sampai resolusi 1080p dan hanya menyediakan mode time-lapse tanpa slow-motion.

Layarnya menggunakan panel Super AMOLED sehingga memungkinkan untuk menempatkan sensor sidik jari di bawah layar. Resolusi layarnya Full HD+ dengan ukuran 6,4 inci. Layar ini sudah dibalut dengan Corning Gorilla Glass 5, yang menjanjikan perlindungan “tahan banting” dari ketinggian 1,6 meter. Menariknya, ternyata lapisan bodi belakangnya pun menggunakan pelindung yang sama.

realme XT menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 712 AIE dengan technology node 10 nm. SoC ini jelas sudah mampu menjalankan gim-gim terbaru dengan lancar. PUBG Mobile, COD Mobile, dan Mobile Legends Bang Bang adalah beberapa gim yang berhasil dijalankan dengan mulus pada pilihan resolusi tinggi.

Realme XT menyediakan fitur Game Space yang secara khusus akan menempatkan aplikasi gim yang terpasang ke dalamnya. Fitur ini menyediakan pilihan untuk memberikan kenyamanan saat bermain gim. Anda akan menemui pilihan Competitive Mode untuk mendapatkan performa terbaik meski hasilnya ponsel pintar jadi cepat panas. Sementara, pilihan lain adalah Balanced Mode dan Low Power Compsumption Mode. Balanced Mode menyesuaikan antara kinerja dan kosumsi baterai serta membuat ponsel pintar tidak cepat panas.

Untuk daya tahan baterai, realme XT masih lebih unggul dibanding Redmi Note 8 Pro. Dengan skenario pengujian baterai yang digunakan, realme XT mampu bertahan sampai 11 jam lebih, sedangkan kompetitornya itu hanya 10 jam.

Bingkai kamera belakangnya agak menonjol sehingga mengganjal ketika diletakkan di atas meja.