Find Us On Social Media :

Review Brother DCP-T310: Lebih Irit dan Murah dengan Tinta Isi Ulang

By Dayu Akbar, Rabu, 15 Januari 2020 | 13:48 WIB

Untuk kebutuhan cetak dalam volume besar, biaya cetak menjadi salah satu pertimbangan penting. Jika tinta cepat habis tentu saja bisa membuat biaya operasional jadi makin besar. Nah, untuk itu Brother DCP-T310 hadir menawarkan solusi cetak yang lebih irit karena menggunakan refill tank system atau dikenal dengan sistem tinta isi ulang.

Dengan metode ini, biaya cetak jadi lebih murah. Apalagi ditunjang dengan kapasitas tangki tinta yang cukup besar sehingga tidak cepat habis seperti penggunaan cartridge yang punya kapasitas lebih kecil dan rasio harga yang lebih mahal. Menariknya, tangki tinta ditempatkan di posisi yang memudahkan untuk pengisian ulang. Tampilannya pun transparan sehingga Anda bisa memantau kapasitas tinta secara langsung.

Brother DCP-T310 merupakan perangkat cetak dengan tiga fungsi yaitu sebagai printer, scanner, dan juga copier. Perangkat ini dipersenjatai dengan tinta yang terdiri dari empat warna dasar yaitu magenta, cyan, yellow, dan black, semua tangki punya kapasitas sama, kecuali hitam yang lebih besar. Brother mengklaim tangki tintanya mampu mencetak dokumen warna hingga 5000 lembar dan dokumen monokrom hingga 6500 lembar.

Brother menyediakan control panel yang memudahkan pengoperasian tanpa komputer atau laptop. Kecuali fungsi print, Anda bisa langsung melakukan proses penggandaan (copy) dan pemindaian (scan) dokumen, baik monokrom maupun warna. Tersedia pula tombol untuk menjalankan fitur pembesaran ataupun pengecilan dokumen saat penggandaan. Pengaturan juga bisa dilakukan langsung dari sini, misalnya mengatur kualitas cetak sampai pemantauan kapasitas tinta. Sebagai penampil informasi, dilengkapi dengan layar berukuran satu teks monokrom.

Dari hasil pengujian, kecepatan cetak, menggandakan, serta memindai dokumen, semua berjalan dengan lancar dengan waktu yang cukup baik. Bukan yang tercepat, tapi juga bukan yang terlambat. (lihat tabel).

Sebagai perangkat multifungsi terjangkau, kualitasnya mencukupi untuk kebutuhan dokumentasi cetak tanpa butuh detail dan akurasi warna yang tinggi. Ini terlihat dari kualitas warna hitam yang terlihat kurang pekat dan cenderung agak abu-abu. Untuk cetak teks, hal ini memang tidak terlalu kelihatan, tapi untuk cetak dokumen warna atau foto, hal ini lebih terlihat. Untuk warnanya pun demikian, hasilnya tidak terlalu akurat tapi sudah mencukupi untuk kebutuhan standar.

Lalu bagaimana dengan kualitas cetak fotonya? Nah, dengan menggunakan kertas foto serta pilihan cetak kualitas high, ternyata hasilnya cukup memuaskan. Hasil foto terlihat tajam, terang, dengan warna-warna yang cukup akurat. Terlihat bahwa penggunaan kertas berbeda bisa menampilkan hasil cetak yang berbeda pula. Ini yang kami lihat ketika dibandingkan mencetak menggunakan kertas plain dan kertas foto.

Untuk menggandakan dokumen, tinggal jalankan fungsi foto kopi dari panel depan. Ataur mode warna serta jumlah dokumen yang diinginkan. Kecepatannya memang lebih lama dari fungsi print karena perangkat akan memindai terlebih dahulu sebelum dicetak. Dan hasilnya terbilang cukup rapi dan memuaskan. Untuk fungsi pemindaian, Anda bisa langsung menjalankannya dari panel depan, meski dibutuhkan bantuan dari PC atau laptop karena dibutuhkan software pendukung serta penyimpanan data hasil pemindaian.

Sistem refill tinta dilengkapi dengan tutup transparan untuk meminimalisir resiko tumpah dan bocor serta kapasitas tinta bisa lebih mudah terpantau.

Kombinasi tombol panel dan layar monokrom satu baris memudahkan navigasi dan juga menampilkan informasi seputar aktivitas sampai solusi ketika ada masalah saat mencetak.

Tabel Uji