Find Us On Social Media :

Realme Resmi Jual Perangkat IoT Pertamanya di Indonesia, Harganya?

By Adam Rizal, Kamis, 16 Januari 2020 | 16:30 WIB

Realme Buds Air

Di awal 2020, Realme membuat gebrakan baru dengan meluncurkan produk IoT (Internet of Things) pertamanya. Produk itu adalah perangkat TWS (true wireless stereo) yang dinamakan Buds Air yang resmi dijual di Indonesia pada Rabu (15/1).

Dari segi desain, earbuds wireless ini mirip seperti desain Apple AirPods. Perangkat ini hadir dengan case atau rumah yang yang bisa mengisi daya tanpa kabel melalui charging pad 10W. Cangkang ini sama seperti yang kita jumpai di Apple AirPods dan Samsung Galaxy Buds.

Realme Buds Air akan melakukan pengisian daya secara otomatis saat disimpan dalam 'rumah' tersebut. Jika daya baterai case terisi penuh, pengguna bisa memperoleh masa pakai hingga 17 jam, dengan earbuds yang bisa dipakai selama tiga jam.

Untuk kualitas suaranya, Realme Buds Air dilengkapi dengan diafragma komposit multi-layer LCP yang canggih dan driver suara 12mm yang besar. Hal itu diklaim akan membuat suara lebih kaya ketika didengarkan. Realme Buds Air juga memiliki teknologi noise cancellation.

Selain itu, perangkat ini juga bisa digunakan untuk teleponan atau video call karena sudah dilengkapi dengan dua mikrofon untuk mencapai ENC (Environment Noise Cancellation Technology) yang mampu mengidentifikasi setiap kata dan menyaring semua suara bising pada latar belakang.

Realme Buds Air bisa dipasangkan ke smartphone cukup dengan menekan satu tombol. Jika sudah sekali dipasangkan, setiap kali pengguna membuka penutup case, Realme Buds Air akan langsung mengenali dan menghubungkan Bluetooth ke smartphone secara otomatis.

Konektivitasnya sendiri menggunakan Bluetooth 5.0 yang diklaim bisa menghubungkan perangkat ke smartphone dalam waktu 3 detik saja. Di Indonesia, Realme Buds Air dijual dengan harga Rp 900 ribu.

Tapi sebelum penjualannya secara luas yang belum diumumkan tanggalnya, Realme Buds Air lebih dahulu akan dijual secara Flash Sale pada 20 dan 23 Januari di Shopee dengan harga promosi Rp 600 ribu.

Realme 5G

Saat ini Indonesia belum menggelar jaringan 5G, belum diketahui pula kapan jaringan telekomunikasi generasi terbaru ini akan hadir di Indonesia. Jika nanti 5G sudah diadopsi, diperkirakan jaringan ini akan dipakai lebih dulu oleh manufaktur, bukan untuk dipakai secara komersial.

Kondisi ini tidak menghalangi Realme untuk memperkenalkan ponsel 5G di Indonesia. Salah satu alasan mereka, Realme ingin menjadi yang pertama memperkenalkan teknologi 5G yang dipakai secara komersial di Indonesia.

Realme memastikan akan membawa hape 5G di Indonesia tahun ini tetapi bukan untuk dijual, melainkan memperkenalkan teknologi yang mereka miliki. "Ini berkaitan dengan strategi utama kami," kata Direktur Pemasaran Realme Indonesia, Palson Yi, di Jakarta.