Find Us On Social Media :

Begini Cara Sinar Mas Mining Dorong Kreativitas, Kolaborasi Karyawan

By Liana Threestayanti, Kamis, 16 Januari 2020 | 13:00 WIB

Ingin dorong transformasi digital, pada tahun 2018, Sinar Mas Mining melakukan modernisasi terhadap lingkungan kerja karyawan.

Ingin mendorong transformasi digitalnya melalui kolaborasi, interaksi, dan inovasi internal yang lebih kuat, pada tahun 2018, Sinar Mas Mining melakukan modernisasi terhadap lingkungan kerja karyawan.

Modernisasi ini dilakukan dengan memindahkan karyawan dan tim dari beragam divisi ke coworking space WeWork di Sinarmas MSIG Tower. Cara bermitra dan berkerja sama secara internal dipandang sebagai salah satu faktor yang dapat memperkuat transformasi digital. Sinar Mas Mining pun mencari ruang kerja yang dapat menginspirasi, mengutamakan, dan meningkatkan kolaborasi serta interaksi karyawan.

“Sebagai perusahaan yang mapan yang ingin meningkatkan kemampuan kami, kami fokus pada cara kami mengubah lingkungan kerja kami sehingga dapat melibatkan karyawan kami lebih baik. Ketika saya memikirkan ruang kerja, tim yang kami miliki, dan bagaimana kami ingin memberdayakan mereka, satu kata kunci yang saya pikirkan adalah ‘Empowerment’,” jelas Swasono Satyo, Chief Human Resources Officer. 

Berkomitmen untuk menciptakan ruang kerja yang millennial-friendly, tim Sinar Mas Mining yang terdiri dari 150 orang kini bekerja di kantor pribadi yang berlokasi di WeWork Sinarmas MSIG Tower.

“WeWork telah mengubah pengalaman kantor tradisional dan mendorong kami untuk memahami ruang kerja dengan cara yang berbeda. Terlepas dari ruang fisik, kami juga menghargai pengalaman dinamis yang dapat kami ciptakan untuk karyawan kami,” ujar Satyo. "Ini membantu kami memahami peluang kami, dan solusi yang dapat meningkatkan budaya kerja kami lebih baik lagi," imbuhnya.

Perluas Akses Bisnis dan Peluang Inovasi

Dengan bekerja di lokasi WeWork, karyawan Sinar Mas Mining pun terintegrasi dengan komunitas inovator dan entrepreneurs di WeWork sehingga kini, perusahaan yang merupakan bagian dari Sinar Mas Group dan memiliki lebih dari 40 entitas bisnis serta lebih dari 3.000 karyawan itu mempunyai akses yang lebih luas untuk mengeksplorasi peluang baru bagi inovasi bisnis.

Lokasi pusat WeWork Sinarmas MSIG Tower juga berada dekat dengan kantor Sinar Mas di Sudirman Central Business District (SCBD), Sudirman, hal ini merupakan sebuah keuntungan lain dari kerja sama ini. Dari perspektif estetika, desain ruang WeWork menggabungkan warna-warna cerah, dengan sentuhan budaya tradisional Indonesia.

WeWork memahami kebutuhan yang penting bagi Sinar Mas Mining. Area kerja yang tenang sangat membantu dalam produktivitas tim, sementara ruang terbuka dan interior yang dinamis mendorong kreativitas mereka. Dengan inisiatif tim WeWork yang sering menyelenggarakan sesi khusus bagi para anggota seperti acara networking hingga acara professional development, karyawan Sinar Mas Mining tidak hanya dapat menumbuhkan ikatan yang kuat antartim, tetapi juga meningkatkan jaringan di luar perusahaan.

Sejalan dengan roadmap pemerintah yang terintegrasi, 'Making Indonesia 4.0', hal ini juga membantu tim Sinar Mas Mining untuk berkembang dengan memanfaatkan jaringan global dari WeWork.

“Dengan Indonesia yang semakin kuat di Asia Tenggara, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk berada di sini. Kami melihat semakin banyak perusahaan besar memanfaatkan WeWork sebagai bagian dari ekspansi dan pertumbuhan inovasinya. Faktanya, 43% dari keanggotaan kami berasal dari perusahaan besar global seperti Microsoft, GE dan Standard Chartered," kata Turochas "T" Fuad, Managing Director, WeWork, Southeast Asia & Korea. 

"Merupakan sebuah bukti nyata akan peran kami dalam membantu memberikan  dampak pertumbuhan bagi anggota kami yang merupakan perusahaan besar dengan 54% anggota menyatakan bahwa WeWork mempercepat pertumbuhan perusahaan mereka secara global dan 80% menyoroti peningkatan produktivitas mereka sejak bergabung dengan kami," ujarnya lagi.