Find Us On Social Media :

Huawei Jual 240 Juta Hape 2019 Meski Diboikot AS, Ini Seri Terlaris

By Adam Rizal, Selasa, 21 Januari 2020 | 11:30 WIB

Huawei Dilarang di AS

Huawei telah menjual 240 juta smartphone. Jumlah yang terbilang luar biasa di tengah gempuran Presiden AS, Donald Trump.

Angka tersebut didominasi jajaran seri P dan Mate yang meningkat hingga 50% setiap tahun.

Chairman Huawei Rechnologies, Xu Zhijun, mengungkap, mereka berharap meraup pendapatan penjualan sekitar 850 miliar yuan atau sekitar Rp1,68 triliun. Jumlah ini naik 18% tahun-ke-tahun, demikian dikutip dari GSM Arena.

Namun, angka itu akan berbeda jika Pemerintah AS tidak menekan perusahaan-perusahaan asal AS untuk berhenti berdagang dengan pabrikan asal China tersebut.

Zhijun mengungkap Huawei akan mengembangkan lebih jauh ekosistem layanan seluler Huawei (HMS) sebagai alternatif solusi Google pada 2020. Hal itu membuat Huawei tidak harus bergantung pada mitra dari negara lain.

Alasan Huawei berkinerja buruk dalam 12 bulan terakhir adalah tidak hadirnya layanan Google di handphone Huawei terbaru. Ini tentu sangat tidak menarik bagi para pelanggan seperti di pasar Eropa Barat.

Pendapatan Huawei

Huawei melaporkan pendapatan tahunan senilai 122 miliar dollar AS (1.696 triliun) pada 2019. Pendapatan ini tumbuh 18 persen dibandingkan tahun 2018 (year-on-year).

Meskipun angka tersebut meleset dari target 2019 yakni sebanyak 125 miliar dolar AS, Chairman Huawei Eric Xu mengatakan revenue tersebut dicapai di tengah-tengah pemblokiran yang dilakukan Amerika Serikat.

Sebelumnya, Pemerintahan Trump khawatir Huawei menjadi ancaman keamanan nasional AS karena peralatannya dapat digunakan memata-matai untuk pemerintah China.

Karena itu, Pada bulan Mei 2019 administrasi Trump memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam Amerika Serikat yang bernana entity list. Perusahaan-perusahaan AS pun dilarang berbisnis dengan Huawei.

Salah satu akibatnya, ponsel-ponsel Huawei mulai seri Mate 30 tidak bisa lagi menggunakan aneka layanan Google, seperti Gmail dan PlayStore.