Find Us On Social Media :

Tren Ponsel Pintar 2020: Mulai dari 5G Sampai Augmented Reality

By , Selasa, 28 Januari 2020 | 12:00 WIB

Gerd Altmann/Pixabay

 

Akhir tahun 2019 merupakan periode yang menyenangkan bagi para pengamat dan pengguna gawai karena ada begitu banyak produk baru yang diluncurkan pada periode tersebut. Namun, berbagai ponsel pintar baru itu tidak memiliki teknologi yang benar-benar segar; sebagian besar hanya memaksimalkan fungsi yang sudah ada, misalnya memaksimalkan fitur kamera, memaksimalkan SoC yang digunakan, dan memaksimalkan ruang simpan.

Sangat mungkin berbagai teknologi baru memang “disimpan” untuk dikeluarkan pada tahun 2020. Jadi, pada tahun 2020 ini sudah sewajarnya jika berbagai produk ponsel pintar yang bakal diluncurkan mengusung berbagai inovasi dan fitur baru.

Berbagai inovasi dan fitur itu memang sudah tidak asing lagi karena sudah ada purwarupa ponsel pintar yang diperkenalkan dan memuatnya. Sebagian lagi malahan ada yang sudah memuat teknologi baru ini, walaupun baru semacam “pendahuluan”.

Nah, langsung saja, inilah dia inovasi teknologi dan fitur yang akan memperkaya ponsel pintar keluaran tahun 2020. (Yahya Kurniawan)

Teknologi 5G

https://gadgets.ndtv.com

Jaringan yang selama ini menjadi tulang punggung koneksi berbagai ponsel pintar telah mencapai generasi kelima atau disebut dengan 5G. Teknologi 5G ini mulai diluncurkan pada pertengahan tahun 2019, tetapi adopsinya belum terlalu tinggi. Adapun Indonesia diperkirakan baru pada tahun 2023 nanti benar-benar siap mengadopsinya.

Ponsel pintarnya sendiri sudah siap menggunakan 5G pada tahun 2020, tentunya dengan mempertahankan dukungan terhadap generasi sebelumnya. Kelebihan teknologi 5G tidak melulu soal kecepatan, tetapi juga kapasitas dan latensi.

Ponsel pintar dengan kemampuan 5G yang telah ada antara lain adalah Samsung Galaxy S10 5G, Huawei Mate 30 Pro 5G, dan OPPO Reno 5G.

Layar Tanpa Bingkai

www.engadget.com

Layar yang luas merupakan dambaan pengguna ponsel pintar karena dengan layar yang luas, ada lebih banyak informasi yang bisa ditampilkan. Selama ini, cara yang dicapai untuk mendapatkannya adalah dengan bezel atau bingkai yang setipis mungkin. Beberapa ponsel pintar bahkan memiliki tepi kanan dan kiri layar yang melengkung.