Find Us On Social Media :

Strategi Bisnis Amazon Prime Bisa Punya Pelanggan 150 Juta Orang

By Adam Rizal, Sabtu, 1 Februari 2020 | 15:30 WIB

Amazon Prime Video

Jumlah pengguna berbayar layanan streaming Amazon Prime, terus tumbuh. Pelanggan berbayar layanan milik Amazon tersebut kini sudah mencapai lebih dari 150 juta orang. Angka itu terungkap dalam laporan keuangan kuartal empat (Q4) 2019.

CEO Amazon, Jeff Bezos mengatakan bahwa hal tersebut dipicu karena kualitas Amazon Prime yang terus membaik dari tahun ke tahun.

"Konsumen pun meresponnya dengan lebih banyak pelanggan baru di kuartal ini (Q4) dibandingkan kuartal-kuartal sebelumnya, dan kami sekarang punya lebih dari 150 juta anggota Amazon Prime di seluruh dunia," ungkap Bezos.

Kendati demikian, tidak disebutkan secara rinci berapa angka pertumbuhan jumlah pelanggan Amazon Prime di kuartal keempat dibandingkan kuartal sebelumnya.

Namun, pada April 2018 silam, pihak Amazon sempat menyebut bahwa pelanggan Amazon Prime telah menembus angka 100 juta subscriber.

Artinya dalam waktu kurang dari dua tahun, pengguna layanan premium ini bertambah setidaknya sebanyak 50 juta pelanggan. Tak mengherankan jika pelanggan Amazon Prime terus bertambah.

Sebab, pada bulan September lalu layanan tersebut baru saja tersedia di negara Brasil. Negara yang biasa dijuluki "Negari Samba" ini juga diklaim memiliki pertumbuhan pelanggan baru tercepat sepanjang sejarah Amazon Prime.

Selain itu, untuk mendongkrak angka pengguna baru, pihak Amazon turut menghadirkan program menarik bagi pelanggan Amazon Prime.

Salah satunya adalah keuntungan gratis berlangganan layanan pesan antar bahan pangan (Amazon Fresh) yang semula dibanderol 15 dollar AS (Rp 204.675) per bulan.

Bisa dengan GoPay

Ada pula program pengiriman kilat satu hari (one-day shipping) dan pengiriman di hari yang sama (same-day delivery) yang disebut juga menyumbang jumlah pelanggan baru Amazon Prime.

Dirangkum The Verge, Amazon juga mencatat keuntungan yang perusahannya raup di Q4 2019. Secara keseluruhan, pendapatan Amazon di Q4 2019 mencapai 87,4 miliar dollar AS, meningkat 21 persen dibanding periode yang sama tahun lalu (72,4 miliar dollar AS).