Find Us On Social Media :

Daftar Empat Jurusan Kuliah Bagi Anda yang Doyan Bermain Game

By Adam Rizal, Sabtu, 1 Februari 2020 | 17:00 WIB

Ilustrasi eSports

Tak terpaku usia maupun kelas sosial, bermain game bisa dilakukan siapa saja dan di mana saja. Itu sebabnya industri gaming seakan tak pernah mati selama para perancang game terus berinovasi.

Industri gaming dinilai memiliki prospek karier menjanjikan. Belum lagi, industri ini hampir ada di setiap negara.

Nah, bila kamu memiliki kesenangan bermain game dan tertarik untuk mengembangkan sebuah game, jurusan yang berkaitan dengan industri gaming bisa menjadi pilihan.

Dengan begitu, waktu yang kamu nikmati untuk bermain game seakan tak sia-sia bila kamu bisa menunjukkan kesuksesan di jurusan ini dan diterima di perusahaan game favorit.

Berikut jurusan yang membuat kemahiran kamu bermain game menjadi perancang game yang sesungguhnya.

1. Teknologi game

Program studi teknologi game mempelajari tentang bagaimana sebuah game dibuat hingga akhirnya bisa dimainkan dan dinikmati orang banyak. Kamu akan dibimbing membuat game dari nol. Mulai dari merancang cerita, merancang karakter, membuat animasi dan storyboard, membuat user interface, programming, proses produksi game tersebut hingga distribusinya.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari antara lain Metode Perancangan Program, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi, Jaringan Komunikasi Data, Pemrograman Berbasis Objek, Edu Game, Digital Imaging, Multimedia Interaktif, dan banyak lainnya.

Kampus di Indonesia yang memiliki jenjang S1 untuk jurusan Game Application and Technology ialah Universitas BINUS. Untuk program D3 D3 Game Animasi ada di Universitas Negeri Malang.

2. Teknik Informatika

Namun, ada sejumlah universitas memasukkan pelajaran tentang gaming dalam jurusan Teknik Informatika. Di jurusan ini kamu akan mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer.Bila ingin mendalami tentang gaming, ada sejumlah kampus yang membuka jurusan teknologi game untuk jenjang s2.

3. Software Engineering