Find Us On Social Media :

Waspada! Banyak Informasi Virus Corona di WhatsApp Disusupi Malware

By Adam Rizal, Selasa, 4 Februari 2020 | 16:30 WIB

Malware Android

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat menerima tautan atau lampiran dokumen yang diterima melalui WhatsApp tentang virus Corona.

Sebab, bisa saja pesan tersebut telah disusupi malware yang bisa mengambil alih ponsel pengguna. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangarepan mengatakan, para hacker seringkali memanfaatkan isu yang sedang hangat untuk meretas ponsel atau perangkat lain.

Sebab, masyarakat ingin mengikuti perkembangan informasi terkait isu hangat, seperi virus Corona baru-baru ini. Sehingga, mereka akan terpancing untuk membuka pesan yang diam-diam berisi malware.

"Malware itu menempel di hoaks-hoaks ini supaya bisa memancing orang penasaran lalu membukanya," jelasnya Semmy di konferensi pers persebaran informasi tentang virus Corona di kantor Kominfo, di Jakarta.

Apalagi, menurut Kemenkominfo, WhatsApp menjadi platform paling banyak digunakan untuk menyebarkan hoaks. Pria yang akrab disapa Semmy itu mengatakan Kominfo telah bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memonitor malware yang kemungkinan masuk di dalam tautan berita hoaks.

Baca Juga: Hati-hati!, Berani Sebarkan Hoax Virus Corona Bisa Dipenjara 6 Tahun

Trojan hingga worm

Sebelumnya, firma keamanan Kaspersky menemukan adanya file berbahaya yang menyamar sebagai dokumen terkait virus Corona. Dokumen tersebut menyamar dalam format file pdf, mp4, dan docx tentang virus Corona.

Di dalam file-file tersebut tersembunyi berbagai ancaman seperti trojan hingga worm yang bisa melumpuhkan, menyalin data, dan mengganggu pengoperasian komputer atau jaringan komputer.

"Sejauh ini kami hanya melihat sejumlah 10 file unik, tetapi karena aktivitas demikian kerap terjadi dengan topik populer di media, maka kami memperkirakan kecenderungan ini akan bertambah," jelas Anton Ivanov, analis malware Kaspersky.

Senada dengan Semmy, Ivanov mengatakan masyarakat akan terpancing membuka pesan-pesan ini karena mengkhawatirkan kesehatan mereka terkait persebaran virus Corona, yang sayangnya dimanfaatkan oleh hacker untuk menyebarkan malware.

Kaspersky mendeteksi file terkait virus Corona dalam beberapa nama, yakni Worm.VBS.Dinihou.r, Worm.Python.Agent.c, UDS:DangerousObject.Multi.Generic, Trojan.WinLNK.Agent.gg, Trojan.WinLNK.Agent.ew, HEUR:Trojan.WinLNK.Agent.gen, dan HEUR:Trojan.PDF.Badur.b.

Hoaks terkait virus Corona pun semakin merebak di lintas platform media sosial. Hingga Senin, (3/2/2020), Kominfo mencatat ada 54 konten hoaks mengenai virus Corona yang beredar di media sosial. Jumlah ini naik dua kali lipat dari tiga hari lalu yang mencapai 36 konten hoaks.

Baca Juga: Virus Corona Merebak, Produksi Layar Televisi dan Laptop Terganggu