Find Us On Social Media :

Terisolasi Virus Corona, Trafik Game dan Aplikasi Video Naik di China

By Adam Rizal, Jumat, 7 Februari 2020 | 16:00 WIB

Punya Prospek Cerah dan Menguntungkan, Berapakah Honor Joki Game Online?

Biasanya, orang Cina bepergian dan berkumpul dengan keluarga dan teman-teman selama liburan Tahun Baru Imlek, tetapi banyak yang menunda atau membatalkan rencana mereka atas kekhawatiran yang muncul pada pertengahan Januari tentang penyebaran virus corona yang telah menewaskan 630 orang.

Banyak warga china yang terisolasi di kotanya dan tidak boleh keluar untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Sebagai gantinya, banyak warga china yang bosan dan mencari hiburan dengan menghabiskan waktu dengan bermain game daring dan aplikasi video pendek.

Game daring dan aplikasi video pendek memperoleh jutaan penonton dan unduhan ketika orang-orang yang terjebak mencari hiburan.

Tren itu membuat pembuat mobil Tesla dan Mercedes-Benz mempromosikan produk secara daring selama seminggu.

"Saya hanya menggunakan ponsel saya selama tiga jam sehari di tempat kerja, tetapi setidaknya delapan jam setiap hari selama Festival Musim Semi, karena itu sangat membosankan," kata Lu Zhang, seorang guru sekolah menengah pertama di provinsi Shandong timur seperti dikutip Reuters.

Investor telah memanfaatkan tren ini, dengan saham pengembang game Cina seperti Tencent, naik 2% di Hong Kong pada hari Selasa, melampaui kenaikan 1% pada benchmark HSI, sementara di New York, NetEase naik hampir 3%.

Saham yang terdaftar di AS, platform video Cina Bilibili naik hampir 7%, sementara saham mesin pencari Baidu dan raksasa e-commerce Alibaba juga naik. Lima pengembang gim seluler termasuk Ourpalm, melonjak dengan angka maksimum 10% pada hari Selasa.

Unduhan mingguan melonjak 77% di aplikasi video ByteDance Xigua dari 20 Januari hingga 26 Januari, setelah mengumumkan rencana untuk memutar perdana film, "Lost in Russia" secara gratis, berdasarkan data App Annie.

"Waktu menonton saya kemarin melebihi 10 jam," kata seorang warga Shanghai, yang diidentifikasi hanya sebagai Wang, mengatakan di media sosial. "Apa yang Anda semua sarankan agar saya lakukan selain melihat ke ponsel saya?"

Aplikasi populer lain adalah aplikasi kesehatan dan kebugaran, seperti Keep, yang menyiarkan langsung kelas kebugaran. Penghasilannya melonjak 15% untuk minggu ini, sementara unduhan aplikasi perawatan kesehatan Pingan Good Doctor melonjak 1,186%.

"Kami percaya bahwa internet Cina dan perusahaan logistik agak terlindung dari dampak wabah virus," kata analis dari Bernstein Research.