Find Us On Social Media :

Rayakan HUT Ke-15, Google Maps Hadir dengan Ikon dan Fitur Baru

By Adam Rizal, Minggu, 9 Februari 2020 | 09:00 WIB

Google Maps

Tepat di hari ulang tahunnya yang ke-15 Kamis kemarin, Google Maps mendapat hadiah berupa ikon dan serangkaian fitur baru yang disematkan oleh pembuatnya, Google.

Ikon aplikasi peta itu tak lagi berupa potongan peta dengan persimpangan jalan berwarna kuning, pointer lokasi merah, dan huruf "G".

Google Maps kini diwakili ikon berbentuk lebih sederhana, hanya pointer dengan warna hijau, merah, biru, dan kuning.

Di samping ikon, ada fitur baru berupa informasi yang lebih lengkap tentang moda angkutan umum (transit) yang akan dinaiki, seperti suhu, aksesibilitas kursi roda, dan apakah ada gerbong khusus perempuan.

Selain itu, fitur baru lainnya adalah Live View berbasis augmented reality yang lebih ringan dengan hanya menampilkan lokasi tujuan, tanpa menyodorkan navigasi turn-by-turn 3D yang sebelumnya tersedia.

Bagian tabs ikut dirombak dengan adanya dua tab baru bernama "contribute" dan "updates" di bagian bawah tampilan aplikasi. Tab "for you" juga digantikan dengan tab "saved" sebagaimana dihimpun The Verge.

Alasan Google merombak tampilan Maps supaya aplikasi tersebut lebih mengedepankan konten yang berasal dari kontribusi pengguna.

Dengan adanya dua tab baru itu, pengguna akan lebih dimudahkan dalam memberi kontribusi tanpa harus membuka menu lain terlebih dahulu.

Ikon dan tab baru di Google Maps sudah mulai digulirkan untuk aplikasinya di platform Android dan iOS. Namun, fitur informasi transit dan Live View baru akan menyusul disalurkan pada Maret mendatang.

Fitur Tempat Nongkrong

Ketika ingin nongkrong dengan para sahabat, acap kali bingung untuk menentukan pilihan tempat. Semakin banyak orang, semakin pula banyak pilihan yang diajukan.

Untuk itu, Google memperkenalkan fitur yang sedang diuji coba di Google Maps untuk membantu pengguna menetukan pilihan tempat nongkrong, restoran, atau tempat wisata bersama teman-teman.