Find Us On Social Media :

Inilah Tujuh Cara Supaya Aplikasi WhatsApp Anda Tidak Disadap

By Rizal, Senin, 10 Februari 2020 | 15:00 WIB

Ilustrasi WhatsApp

Isu penyadapan pada aplikasi perpesanan Whatsapp menjadi perbincangan beberapa waktu belakangan ini. Banyak yang mencoba meretas atau menyadap nomor Whatsapp seseorang dengan berbagai cara.

Bagaimana cara mencegah agar WhatsApp tidak disadap oleh orang lain?

Melalui Kompas.com, Dosen Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Nurcahya Pradana Taufik Prakisya, memberikan beberapa cara mencegah WhatsApp Anda disadap.

1. Selalu pantau aktivitas WhatsApp Web Anda

Nurcahya menjelaskan, WhatsApp mencatat segala aktivitas komputer dan browser yang menggunakan WhatsApp web dengan akun Anda. "Perhatikan secara berkala, apakah di dalam riwayat tersebut terdapat akses dari komputer yang tidak dikenal," kata Nurcahya.

Sebagai tindakan preventif, lebih baik selalu logout akun WhatsApp web setelah Anda menggunakannya. Apalagi, jika Anda menggunakan Whatsapp Web bukan dari komputer milik Anda pribadi.

2. Gunakan two step verification

Langkah berikutnya, gunakan two step verification. Jika mengaktifkan verifikasi dua tahap ini, segala upaya untuk memverifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp harus disertai enam digit PIN yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka WhatsApp>Settings>Account>Two-step verification lalu pilih 'Enable'.

Ketika langkah ini diaktifkan, Anda juga dapat memasukkan alamat e-mail yang akan memungkinkan WhatsApp mengirimi Anda tautan melalui e-mail untuk menonaktifkan two step verification jika Anda lupa PIN enam digit Anda.

3. Jangan pernah memberikan OTP kepada siapa pun

Jika Anda mendapatkan sebuah pesan yang mencurigakan, seperti permintaan sebuah kode One Time Password atau OTP, jangan pernah dibalas. Pada dasarnya, satu akun WhatsApp hanya dapat digunakan pada satu perangkat mobile saja. Untuk berpindah perangkat, Whatsapp akan mengirim OTP ke nomor pemilik akun.