Find Us On Social Media :

Instagram Bagikan Empat Tips Aman Gunakan Media Sosial, Apa Saja?

By Rafki Fachrizal, Rabu, 12 Februari 2020 | 14:30 WIB

Ilustrasi Instagram

Jika Anda merupakan pengguna aktif medsos (media sosial), Anda mungkin pernah merasa khawatir jika akun medsos Anda diretas oleh orang tidak bertanggung jawab.

Atau mungkin juga Anda pernah merasa takut mendapat komentar negatif ketika Anda mencoba mengekspresikan diri di medsos seperti Instagram.

Nah, melihat hal itu dan sekaligus dalam rangka memperingati ‘Hari Internet Aman Sedunia’, Instagram membagikan empat tips yang bisa dilakukan penggunanya dalam menjaga keamanan dan kenyamanan menggunakan Instagram.

Apa saja tips tersebut? Berikut informasinya.

1. Memastikan Keamanan Akun

Menggunakan kata sandi yang kuat adalah hal penting yang harus dilakukan untuk memastikan keamanan akun Anda.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk menambah lapisan keamanan akun yakni dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA).

Dengan mengaktifkan 2FA, Instagram akan secara otomatis mengirimkan kode login khusus ke smartphone setiap kali ada yang mencoba mengakses Instagram Anda dari perangkat yang tidak dikenal.

Langkah lainnya untuk memastikan keamanan akun juga dapat dilakukan dengan memvalidasi setiap email terkait akun Instagram Anda.

Hal ini dapat dilakukan melalui fitur Email dari Instagram yang tersedia baik di Instagram versi mobile maupun desktop.

Email dari Instagram membantu setiap pengguna memastikan apakah email yang diterima adalah email resmi yang dikirimkan oleh tim Instagram atau email palsu yang mengatasnamakan pihak Instagram.

2. Menjaga Privasi dan Interaksi Anda