Find Us On Social Media :

Empat Fitur Ini Bisa Lindungi Data Pribadi Anda di WhatsApp, Apa Saja?

By Rafki Fachrizal, Kamis, 13 Februari 2020 | 17:30 WIB

Ilustrasi WhatsApp

Untuk melakukan komunikasi, sebagian besar dari kita saat ini bergantung dengan yang namanya aplikasi pesan instan.

Dari sekian banyaknya aplikasi pesan instan, yang paling populer adalah WhatsApp.

Berdasarkan data terbaru, aplikasi pesan instan yang telah diakusisi Facebook ini sudah memiliki 2 miliar pengguna di seluruh dunia.

Dengan jumlah pungguna yang sudah begitu besar, WhatsApp mengklaim bahwa data setiap penggunanya aman terlindungi oleh enkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end encryption).

“Dengan end-to-end encryption berarti tidak ada orang lain selain Anda dan orang yang berada dalam percakapan yang dapat membaca atau mendengar konten pesan tersebut, bahkan WhatsApp sekalipun,” tulis keterangan WhatsApp yang diterima InfoKomputer.

Nah terkait dengan keamanan data, selain end-to-end encryption WhatsApp juga menyediakan beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan penggunanya untuk semakin menjamin keamanan data yang dimiliki.

Apa saja fitur tersebut? Berikut informasinya.

1. Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi Dua Langkah memberikan keamanan tambahan yang mengharuskan Anda untuk memasukkan PIN enam digit saat mengatur ulang dan memverifikasi akun WhatsApp.

Fitur ini membantu untuk mencegah orang lain mengakses akun WhatsApp Anda apabila kartu SIM Anda dicuri atau nomor Anda rusak.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka WhatsApp > Pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah > Aktifkan.

2. Privasi Profil