Find Us On Social Media :

Punya 2 Miliar Pengguna di Dunia, WhatsApp Beberkan 5 Tips Aman

By Indah PM, Minggu, 16 Februari 2020 | 10:30 WIB

WhatsApp akan Hentikan Dukungan di Windows Phone Akhir Tahun ini

Tak dimungkiri, gaya berkomunikasi saat ini telah beralih ke era digital. Gaya hidup mobile mau tak mau juga memaksa kita untuk aktif di ranah online, salah satunya melalui aplikasi perpesanan instan seperti WhatsApp.

Pengguna WhatsApp tercatat telah mencapai 2 miliar orang, atau lebih dari seperempat populasi dunia. Untuk menjaga komunikasi antar pengguna tetap aman, WhatsApp juga telah menggunakan enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption).

Enkripsi ujung-ke-ujung berarti tidak ada orang lain selain Anda dan orang yang berada dalam percakapan yang dapat membaca atau mendengar konten pesan tersebut, bahkan WhatsApp sekalipun.

Guna mendukung hal tersebut, WhatsApp juga membeberkan 5 tips aman menggunakan WhatsApp, sebagai berikut:

1. Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi Dua Langkah memberikan keamanan tambahan yang mengharuskan Anda untuk memasukkan PIN enam digit saat mengatur ulang dan memverifikasi akun WhatsApp Anda.

Fitur ini membantu untuk mencegah orang lain mengakses akun WhatsApp Anda apabila kartu SIM Anda dicuri atau nomor Anda rusak.

Mengatur fitur Verifikasi Dua Langkah sangat mudah, dan bisa ditemukan dalam tab ‘Akun’ dalam pengaturan WhatsApp.

2. Privasi Profil

Anda memiliki kewenangan untuk mengontrol informasi apa saja yang dapat dibagikan dengan orang lain dalam profil pribadi Anda di WhatsApp.

WhatsApp memungkinkan Anda memutuskan dengan siapa Anda ingin membagikan informasi profil Anda - apakah itu semua orang, daftar kontak, atau tidak ke siapa pun .

Kapan pun itu, Anda dapat membatasi fitur Terakhir Dilihat (Last Seen), Foto Profil, Tentang (About) dan Status dalam pengaturan privasi di WhatsApp Anda.

3. Pengaturan Privasi Grup