Find Us On Social Media :

JALA.ai: Aplikasi yang Memudahkan Perusahaan dalam Kegiatan Penjualan

By Rafki Fachrizal, Rabu, 19 Februari 2020 | 12:00 WIB

Guntur Kusuma Ardhy (CMO JALA.ai) dan Mirfagah Iqbal (CEO JALA.ai)

Di masa sekarang, sales software (aplikasi penjualan) rasanya sangat penting diadopsi oleh perusahaan demi mendukung perkembangan bisnisnya.

Di indonesia sendiri, tercatat sudah banyak startup yang menghadirkan solusi berupa sales software ini. Salah satu nama baru dari startup yang bergerak di bidang tersebut adalah JALA.ai.

Menurut Mirfagah Iqbal selaku CEO JALA.ai, startup yang ia bangun bersama rekannya ini dibangun bukan tanpa alasan.

Pria yang akrab disapa Aga ini menjelaskan bahwa di industri yang memiliki produk dengan harga jual tinggi (high ticket item) punya tantangan yang besar, yaitu bagaimana memantau dan mengukur kinerja Sales Officer hingga mengetahui channel penjualan mana yang paling efektif.

“Sejak tahun 2019, kami melihat ada beberapa perusahaan kesulitan mengetahui kinerja Sales Officer dalam follow up sejumlah prospek. Hal ini berdampak pada penjualan yang stagnan bahkan cenderung menurun. Dari sana kami kembangkan JALA.ai sebagai solusi. Hasilnya cukup mengejutkan, di industri properti misalnya kami berhasil memberikan dampak pada peningkatan penjualan,” kata Aga.

Diakui oleh Aga, JALA.ai hanya sebagai alat bantu. Sinergi antara JALA.ai dan penggunanya adalah kunci keberhasilan dalam meningkatkan penjualan.

Integrasi database prospek dari online dan offline ke dalam satu aplikasi sangat dirasakan membantu Sales Officer. Proses digitalisasi data ini mampu memudahkan konfersi prospek menjadi pelanggan.

Lebih lanjut, Aga mengungkapkan bahwa kekuatan JALA.ai lainnya adalah mampu menunjukkan channel atau saluran marketing mana yang paling efektif menghasilkan penjualan.

JALA.ai mampu membandingkan saluran marketing baik online maupun offline marketing. Teknologi yang digunakan disebut dengan JALA.ai Pixel atau semacam tracking tools.

Di ranah online, teknologi tersebut bekerjasama dengan Pixel yang dimiliki oleh Facebook, Instagram, dan juga Google.

“Aplikasi yang digunakan oleh Sales Officer itu kami sebut JALA Assistant. Salah satu fitur unggulannya adalah penyaluran data prospek secara realtime dari online marketing. Jadi, iklan yang dijalankan di online (FB, IG, Google, Website) yang bertujuan mencari data prospek akan langsung masuk smartphone Sales Officer atau push notification,” papar Aga.

Tidak hanya JALA Assistant, untuk posisi Sales Manager atau Management Level, JALA.ai menghadirkan JALA Dashboard.