Find Us On Social Media :

Inilah Strategi Bisnis Vivo di Indonesia Sepanjang Tahun 2020

By Adam Rizal, Sabtu, 22 Februari 2020 | 13:30 WIB

Vivo official store terbaru di mall Citraland, Jakarta.

Sejak pertama kali menjejakkan kakinya di Indonesia pada 2014 silam, Vivo terus menghadirkan beragam inovasi dan produk unggulan untuk memikat hati para konsumen Tanah Air.

Selama lebih kurang 5 tahun pula, Vivo telah melebarkan sayapnya ke beberapa kota di Indonesia dan kini telah memiliki gerai ritel yang jumlahnya diklaim mencapai puluhan ribu toko.

Selain offline, Vivo juga telah membuka toko resmi di sejumlah e-commerce untuk mengakomodasi konsumen yang gemar berbelanja online. Upaya-upaya seperti ini agaknya membuahkan hasil.

Sebab, pada November lalu, lembaga riset pasar IDC menobatkan Vivo sebagai vendor ponsel pintar dengan jumlah pengapalan terbesar kedua di Indonesia pada kuartal III-2019.

Pada riset itu disebutkan bahwa Vivo berhasil meraih pangsa pasar 22,8 persen, meningkat 200 persen dari pangsa pasar 11 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Menurut pihak Vivo, peningkatan performa ini juga didorong oleh beragam produk smartphone terbaru yang terus dihadirkan Vivo di Indonesia.

Pada 2019, misalnya, Vivo menambah lini smarpthone Z-series dan S-series, sebagai tambahan dari lini V-series dan Y-series, untuk mengisi kekosongan di segmen milenial.

Kejutan Vivo pada 2020?

Nah, sebagai kejutan Vivo di awal tahun 2020, Vivo sempat meluncurkan Vivo S1 Pro dengan varian warna baru yang memiliki kapasitas media penyimpanan hingga 256 GB dan RAM 8 GB.

Setelah menghadirkan perangkat tersebut, apa sebenarnya rencana Vivo tahun ini?

"Kami akan melanjutkan pencapaian ini (market share) pada tahun 2020 dengan meningkatkan kemampuan produksi dan memberikan efisiensi distribusi bagi rangkaian produk terbaru Vivo yang kami agendakan di sepanjang tahun," ujar Senior Brand Director Vivo Indonesia Edy Kusuma.

Selain meningkatkan kemampuan produksi, Vivo juga bakal meningkatkan kualitas SDM lokal untuk mendukung operasional Vivo untuk mencapai target produksi jutaan unit per bulan pada tahun 2020.