Find Us On Social Media :

Kumpulan Aplikasi Bikin Mudah dan Murah Belajar Musik dari Internet

By Dayu Akbar, Rabu, 26 Februari 2020 | 08:30 WIB

pressfoto/Freepik

Banyak studi yang mengungkapkan bahwa musik mampu meningkatkan kecerdasan otak manusia. Wajar jika kesadaran untuk belajar musik dan juga lagu meningkat dewasa ini. Beberapa orang cukup beruntung bisa mendalami musik dengan baik. Maklum, pendidikan musik terbilang cukup mahal.

Mereka yang tidak bisa mendapatkan pendidikan formal dalam bidang musik, tetapi memiliki bakat dan minat bermusik yang sangat besar, biasanya mengambil opsi untuk belajar secara mandiri atau autodidak. Beruntungnya, di era internet ini makin banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk belajar musik maupun lagu secara mandiri.

Seperti halnya belajar aneka hal di bidang lain, di bidang musik juga tersedia kursus daring yang bisa diambil oleh yang ingin belajar musik. Di samping itu, ada berbagai situs yang menyediakan “perkakas” unik yang sangat membantu dalam belajar musik maupun lagu. Nah, inilah berbagai situs yang menyediakan perkakas untuk belajar musik dan lagu tersebut. (Yahya Kurniawan)

Chordify

Chordify yang beralamat di chordify.net merupakan situs yang digunakan untuk belajar dan sekaligus mencari chord sebuah lagu. Di situs ini telah terdapat ribuan lagu yang akan ditampilkan chord-nya sehingga bisa dipelajari. Sumber lagu yang ditayangkan bisa berupa video YouTube dari akun resmi penyanyinya atau berupa cover lagu.

Chord lagu yang diputar, ditampilkan “bergerak” mengikuti ketukan lagu disertai notasi hurufnya. Di bawah chord lagu itu ditampilkan pula gambar chord alat musik tertentu. Ada tiga opsi alat musik yang bisa ditampilkan, yaitu gitar, ukulele, dan piano.

Pengguna yang memanfaatkan versi gratis Chordify hanya bisa memanfaatkan fitur tersebut. Jika berlangganan, ada beberapa fitur lain yang bisa diakses.

Jammr

Salah satu cara untuk belajar musik supaya menjadi lebih mahir adalah bermain musik bersama-sama dengan pemusik lain. Nah, salah satu situs yang menyediakan layanan bagi para pemusik untuk bisa bermain musik bersama atau dikenal dengan istilah jam adalah Jammr yang beralamat di jammr.net.

Untuk bisa memanfaatkan layanan Jammr, pengguna harus mengunduh aplikasi gratisnya yang tersedia untuk platform Windows, Mac, dan Linux. Aplikasi Jammr ini dapat bekerja dengan berbagai alat musik maupun mikrofon sepanjang ditancapkan ke komputer melalui kabel USB.