Find Us On Social Media :

Dua WNI Positif Virus Corona, Depok Jadi Trending Topic Dunia

By Adam Rizal, Selasa, 3 Maret 2020 | 09:00 WIB

Ilustrasi pengguna menggunakan masker sebagai antisipasi penyebaran virus corona di RI

Presiden Joko Widodo resmi mengatakan dua warga negara Indonesia terkena positif virus Corona (COVID-19).

Kabar itu sontak membuat Depok ramai diperbicangkan warganet, menyusul dua WNI itu berdomisili di Depok, Jawa Barat.

Presiden Jokowi menyebut kedua warga Depok yang positif Corona itu terinfeksi setelah berkontak dengan seorang warga negara (WN) Jepang yang juga positif virus corona.

Secara terpisah, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan dua WNI itu merupakan ibu dan anak yang berdomisili di Depok, Jawa Barat. Saat ini keduanya tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianto Saroso, Jakarta Utara.

Sontak, kata Depok menjadi populer di Indonesia dan populer keempat di dunia.

Beberapa netizen khawatir dengan kondisi di kereta commuterline seperti dicuitkan akun @wahyuutomos. Menurutnya, beberapa warga negara Jepang banyak yang tertarik berkeliling dengan kereta api saat ada di Jakarta.

 Akun @SetyawaanM juga meminta PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) menjadwalkan ulang commuter line yang melewati kawasan Depok.

"Tolong jadwal baru [kereta] commuter line yang lewat Depok," kata dia.

 Beberapa netizen juga khawatir kalau Depok akan diisolasi seperti beberapa kota lain yang terkena wabah virus Corona Covid-19.

Akun @bintangnswntara mengumpulkan beberapa peristiwa terkait Depok yang terjadi belakangan. Mulai dari tersangka kasus pemerkosaan terbesar di Inggris asal Indonesia yakni Reynhard Sinaga yang tinggal di Kota Depok, rencana untuk memutar lagu di lampu merah, Raperda LGBT, hingga terakhir kasus virus corona Covid-19 yang menginfeksi dua warga Depok.

 Lebih lanjut, ia mengingatkan agar warganet memperhatikan kebersihan, memakai masker, dan memperbarui informasi dari sumber terpercaya.

Netizen lain juga banyak menyuarakan agar semua orang tetap aman. Tagar Stay Safe Everyone (Tetap Aman Semua) ikut merangkak naik.