Find Us On Social Media :

Belajar Menjadi IT Security dari Ricky Setiadi (Blibli.com)

By Wisnu Nugroho, Rabu, 4 Maret 2020 | 08:00 WIB

Ricky Setiadi (Senior Manager Information Security Blibli.com)

Menilik perjalanan karir Ricky Setiadi, kita dengan mudah menangkap beragamnya kemampuan IT pria kelahiran Jogjakarta ini. Lulus dari Ilmu Komputer UGM, Ricky pernah bekerja sebagai programmer, technical support, network engineer, sampai konsultan TI di sebuah perusahaan Jepang. 

Pengalaman panjang ini juga yang mendorong Ricky memantapkan karir di bidang IT Security. “Menurut saya, IT Security adalah salah satu puncak tertinggi keilmuan di bidang IT,” ungkap Ricky. Alasannya, IT Security membutuhkan pengetahuan komprehensif di berbagai area, mulai dari algoritma, database, networking, sampai sistem operasi. 

Setelah meniti pendidikan Master di Swiss German University di bidang information security, Ricky pun mengaplikasikan pengetahuannya dengan bekerja sebagai Senior Manager Information Security di Blibli.com. “Tugas utama saya adalah memastikan semua aspek yang terjadi di Blibli.com memenuhi kaidah prinsip keamanan informasi,” ungkap Ricky. 

Ada alasan tersendiri mengapa Ricky memilih Blibli.com sebagai tempat ia mengabdi. “Blibli.com adalah platform e-commerce yang terhubung ke internet, sehingga memiliki risiko ancaman security lebih besar dibanding sistem yang offline,” ungkap Ricky.

Kembangkan Kemampuan

Di era ekonomi digital ketika semua aspek kehidupan terhubung ke internet, kebutuhan akan IT Security pun kian meroket. Sayangnya, kebutuhan mendesak ini  tidak dapat dipenuhi oleh talenta yang ada. Studi yang dilakukan Cybersecurity Ventures memprediksi, ada 3,5 juta posisi terkait IT Security yang tidak terisi di seluruh dunia pada tahun 2021 nanti.

Ricky pun mengakui, mendapatkan talenta di bidang IT Security menjadi tantangan tersendiri. Namun tantangan seperti ini bisa diatasi dengan tidak terpaku pada talenta yang sudah memiliki pengalaman di bidang IT Security. “Di tim saya ada yang latar belakangnya memang IT Security, tapi ada juga yang developer, system admin, atau DevOps” cerita Ricky. 

Yang penting, talenta tersebut memahami konsep dasar dari ilmu komputer. “Jadi mereka harus memahami bagaimana sebuah code itu dibuat, vulnerability apa yang mungkin terjadi ketika code itu dibuat, lalu attack vector apa yang mungkin terjadi di tahapan production, dan lain sebagainya,” ungkap Ricky mencontohkan. 

Selain keterampilan teknis, seorang IT Security juga dituntut memiliki soft skills, utamanya di di sisi komunikasi. Hal ini tidak lepas dari peran IT Security yang harus dapat menyakinkan stakeholder atas maksud dan tujuan sebuah langkah security. Apalagi stakeholder di sebuah perusahaan itu bisa sangat beragam, mulai dari direksi, engineer, sampai customer. “Jadi kita harus memiliki kemampuan untuk berbicara dengan “bahasa” berbeda antar stakeholder tersebut,” tambah Ricky.