Find Us On Social Media :

Tujuh Aplikasi ini Sudah Punya Fitur Dark Mode, Begini Cara Pakainya

By Adam Rizal, Minggu, 8 Maret 2020 | 17:00 WIB

Ilustrasi Android Dark Mode

Aneka aplikasi mobile mulai mengusung dark mode atau tampilan gelap yang memberikan banyak keuntungan untuk pengguna, mulai dari hemat baterai, mengurangi ketegangan mata, sampai mengurangi risiko migrain.

Tren penggunaan fitur dark mode di berbagai aplikasi mobile dimulai sejak dua tahun belakangan ini.

Banyak aplikasi, baik di Android maupun iOS, sudah banyak mengaplikasikan fitur dark mode ini. Kebanyakan dari aplikasi-aplikasi tersebut adalah platform media sosial yang banyak digunakan orang sehari-hari.

Berikut tujuh aplikasi yang sudah memiliki fitur dark mode, lengkap dengan cara mengaktifkannya!

1. WhatsApp Aplikasi pesan instan milik Facebook ini menjadi yang terbaru dalam menerapkan fitur dark mode. Semua penggunanya, termasuk di Indonesia, sudah bisa menggunakan tampilan gelap.

WhatsApp memberikan pembeda antara fitur dark mode di iOS dan Android. Bedanya adalah tema gelap WhatsApp sebagian besar berwarna hitam pekat di iPhone, sementara di ponsel Android berwarna abu-abu gelap.

Untuk menggunakannya bisa ikuti langkah di bawah ini.

- Pastikan sudah instal aplikasi WhatsApp versi terbaru.- Buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.- Pilih menu "Settings", lalu pilih bagian "Chats".- Masuk ke menu "Theme". Di sana ada dua pilihan pengaturan, pertama "Light" pengaturan tampilan normal dan kedua "Dark" untuk tampilan gelap.

2. Instagram Fitur dark mode untuk Instagram juga masih tergolong baru. Platform berbagai foto dan video ini baru mendukung sebagian perangkat saja. Pengguna Instagram bisa memakai fitur dark mode, jika ponselnya sudah update ke Android 10 dan iOS 13. Berikut cara ubah ke tampilan gelap Instagram.

Pengguna iPhone dengan iOS 13

1. Unduh aplikasi atau update Instagram ke versi terbaru.2. Buka menu Settings > Display > pilih 'Dark Mode'

Pengguna Smartphone dengan OS Android 10