Find Us On Social Media :

Teknologi Terkini Pun Dikerahkan untuk Menghadapi Coronavirus

By Liana Threestayanti, Senin, 9 Maret 2020 | 18:30 WIB

Coronavirus masih terus menghantui warga dunia. Sejumlah startup teknologi pun bergerak cepat memanfaatkan teknologi terkini untuk mencegah meluasnya infeksi virus ini.

Jumlah korban meninggal akibat coronavirus (COVID-19) di China terus bertambah, bahkan sudah melampaui jumlah korban tewas akibat virus SARS pada tahun 2003. Namun hal tersebut tidak menyurutkan upaya berbagai pihak di seluruh dunia untuk menanggulangi wabah yang sudah ditetapkan sebagai darurat global ini.

Sejumlah startup teknologi bekerja sama dengan pemerintah, pakar kesehatan dan akademisi untuk menghentikan penyebaran coronavirus. “China menjadi testing ground terbesar untuk mendemonstrasikan bagaimana teknologi-teknologi yang sedang berkembang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengelolaan epidemi dan meminimalkan dampak ekonomi dari coronavirus ini,” ujar Venkata Naveen, Disruptive Tech Analyst, GlobalData.

Database Innovation Explorer dari Disruptor Intelligence Center GlobalData mengungkap berbagai use case teknologi-teknologi berkembang untuk menghadapi coronavirus.

Outbreak Analytics

Artificial Intelligence (AI) dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi berjangkitnya penyakit maupun memprediksi penyebarannya. Startup dari Kanada, BlueDot menggunakan AI dan machine learning untuk mendeteksi berjangkitnya coronavirus bahkan sebelum pemerintah China mengetahuinya. Algoritme AI dari BlueDot menganalisis berbagai sumber informasi, seperti pemberitaan, platform media sosial, dan dokumen pemerintah untuk melakukan prediksi.

Robot Sterilisasi

Robot sterilisasi autonomous membantu rumah sakit membatasi kondisi infeksi di bangsal-bangsal khusus karantina. Robot ini bekerja di zona-zona karantina, mensterilisasi virus tanpa ada intervensi manusia. Pengembang robot medis dari China, TMiRob mengoperasikan 10 robot disinfektan di rumah-rumah sakit utama di Wuhan untuk membatasi penyebaran COVID-19. 

Pemrosesan Klaim

Layanan berbasis blockchain membantu rumah sakit mengurangi waktu pada pekerjaan administratif sehingga rumah sakit dapat mengalokasikan lebih banyak staf untuk frontline. Startup Xiang Hu Bao yang dimiliki oleh Ant Financial menawarkan platform blockchain yang dapat mempercepat pemrosesan klaim dan mengurangi kebutuhan tatap muka di tengah berjangkitnya coronavirus.

Aerial Delivery

Drone kian populer sebagai sarana tercepat dan teraman untuk mengantarkan berbagai barang kebutuhan dalam situasi wabah seperti saat ini. Startup Singapura, Antwork, meluncurkan urban air transportation channel pertama untuk mengantarkan pasokan medis antara Xinchang County People’s Hospital dan disease control center daerah Xinchang. Keduanya terletak di Zhejiang, salah satu provinsi dengan serangan coronavirus terparah di China.