Find Us On Social Media :

Workforce Management System, Solusi Advotics untuk Mendigitalisasi UKM

By Rafki Fachrizal, Jumat, 13 Maret 2020 | 14:00 WIB

(Kiri ke Kanan) CEO Advotics Boris Sanjaya, Head of Growth Advotics Venny Septiani, Chief Technology Officer Advotics Hendi Chandi, Chief Product Officer Advotics Jeffry William Tani, dan Channel & Business Development Manager Danone Ardhi Hiang Sawak.

Digitalisasi UKM menjadi salah satu isu penting di Tanah Air saat ini. Hal ini lantaran UKM mengalami pertumbuhan yang pesat dan juga menjadi salah satu industri yang menyumbang PDB dengan angka yang besar.

Merujuk data dari Kementerian Koperasi dan UKM, pada 2018 lalu tercatat ada sebanyak 783.132 usaha kecil dan 60.702 usaha menengah.

Untuk mendukung digitalisasi atau transformasi digital UKM di Indonesia, saat ini banyak startup yang memiliki solusi khusus untuk mambantu UKM dalam melakukan transformasi digital. Seperti Advotics misalnya.

“Sebagai perusahaan yang berdiri dengan misi untuk mengatasi tantangan sebagian besar perusahaan dalam mengelola dan melacak operasional penjualan dan distribusi produk secara manual, Advotics ingin menjadi mitra UKM Indonesia dalam melakukan transformasi digital,” kata Boris Sanjaya selaku Co-founder & CEO Advotics, di CoHive, Plaza Kuningan, Jakarta, Kamis (12/03).

Boris mengatakan bahwa Advotics mampu menyediakan platform berbasis cloud untuk mendigitalkan tenaga kerja, jaringan bisnis, serta aset dan produk fisik milik perusahaan.

“Pemanfaatan teknologi yang tepat sangat memungkinkan UKM untuk meningkatkan produktivitas dan performa bisnis karena sistemnya yang online dan dapat dengan mudah diakses kapan saja,” ujarnya.

Workforce Management System

Hal senada juga disampaikan oleh Venny Septiani selaku Head of Growth Advotics, yang menjelaskan tentang manfaat dari salah satu solusi yang ditawarkan Advotics yakni solusi Workforce Management System.

“Solusi ini telah terbukti berhasil meningkatkan kunjungan tenaga pemasar (salesman) ke toko sebesar 40% dan penjualan hingga 53%,” ucap Venny.

Kemampuan utama dari solusi ini sendiri adalah mengubah data dari aktivitas perdagangan dan pekerjaan offline di lapangan menjadi data berguna yang bisa membantu tim manajemen dalam membuat keputusan bisnis penting seperti penetrasi penjualan, produktivitas, serta strategi penjualan ritel.

Baca Juga: Advotics: Bantu Perusahaan Mendigitalisasikan Aktivitas Bisnisnya

“Sebanyak 40% pelanggan Advotics saat ini merupakan mereka yang termasuk dalam usaha kecil dan menengah, meskipun dari segi jumlah pengguna solusi tentunya berbeda,” kata Venny.